Kepala Kemenag Kota Bandung Laksanakan Rukyatul Hilal Awal Syawal 1442 Hijriyah

Kepala Kemenag Kota Bandung Laksanakan Rukyatul Hilal Awal Syawal 1442 Hijriyah

Lembang-KBB (INMAS Kota Bandung)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung, H. Tedi Ahmad Junaedi didampingi Kepala Seksi Bimas Islam, H. Abdul Hanan bersama dengan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung melakukan Rukyatul Hilal awal Syawal 1442 Hijriyah, Selasa (11/03/2021). Kegiatan pengamatan Hilal dilaksanakan di Pos Observasi Bulan Imah Noong yang berlokasi di Lembang Kabupaten Bandung Barat.

H. Tedi Ahmad Junaedi nenyampaikan berdasarkan hasil pengamatan hilal atau bulan muda masih belum terlihat. Hal itu bertanda jika bulan suci Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari. Artinya, 1 Syawal 1442 Hijriyyah tetap jatuh pada hari Kamis tanggal 13 Mei 2021.

“Dengan tak terlihatnya hilal ini, berarti umat Islam diwajibkan untuk istikmal atau menggenapkan puasanya menjadi 30 hari.” kata H. Tedi Ahmad Junaedi.

Kendati demikian, H. Tedi Ahmad Junaedi meminta kepada masyarakat diminta menunggu hasil dari sidang isbat yang digelar Kementerian Agama RI yang dilaksanakan pada hari Selasa malam. Sementara itu H. Abdul Hanan mengatakan pelaksanaan pengamatan hilal untuk menentukan awal bulan Syawal 1442 H ini dimulai pada pukul 17.20 WIB hingga pukul 17.55 WIB menggunakan peralatan teleskop, theodolite dan camera COD sebagai alat untuk melakukan streaming citra teleskop melalui alat komputer dan LED TV. Namun demikian tim tidak berhasil melihat menangkap citra hilal.

H. Abdul Hanan menjelaskan pada pelaksanaan Rukyatul Hilal awal Syawal 1442 Hijriyah ini, tinggi hilal masih dibawah ufuk, antara minus tiga derajat sampai dengan minus empat derajat dibawah ufuk, dan hilal terbenam lebih duluan dibanding matahari.

“Artinya hilal sangat susah atau bisa kita katakan tidak mungkin untuk kita amati karena berada di kondisi istihalah Ar-Rukyah, sehingga kemungkinan besar hari ini puasa kita akan istikmal atau digenapkan menjadi 30 hari.” jelas H. Abdul Hanan.

H. Abdul Hanan juga mengatakan bahwa hasil pengamatan hilal ini akan dilaporkan kepada Kementerian Agama RI sebagai bagian dari bahan masukan dan pertimbangan dalam pelaksanaan sidang isbat yangdilaksanakan pada hari Selasa malam ini.


Kontributor: Agus Saparudin

Editor : Nunik

Dibaca: 50 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter