Kepala Kantor Ungkapkan Kalibrasi Arah Kiblat adalah Prioritas Penting Umat

Kepala Kantor Ungkapkan Kalibrasi Arah Kiblat adalah Prioritas Penting Umat

Jl. Letjen Mashudi (INMAS KOTA TASIKMALAYA) Menghadap kiblat adalah salah satu syarat sahnya Sholat, sehingga menentukan arah kiblat yang tepat dalam pembangunan tempat ibadah, baik masjid atau musholah merupakan sesuatu yang penting.

Penyelenggara Zakat Wakaf menyelenggarakan Sosialisasi Program Penyelenggaraan Kalibrasi Arah Kiblat dan Jaminan Produk Halal pada Kamis (14/10) di RM Sambel Hejo Al Amin.

Hadir sebagai peserta para Penyuluh Agama Islam sebagai garda terdepan dengan masyarakat. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya Drs H. Mohammad Ali Abdul Latief, M.Ag menyampaikan dalam sambutannya bahwa tempat ibadah yang akan dibangun di seluruh di Kota Tasikmalaya dapat berkordinasi dengan Kemenag melalui Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kota Tasikmalaya dalam hal pengukuran arah kiblat.

"Kota Tasikmalaya saat ini memiliki lebih dari 1000 masjid, belum semua memiliki sertifikat kalibrasi arah kiblat," ungkapnya.

Aktivitas penentuan arah kiblat dengan menggunakan kecanggihan alat-alat modern, sebenarnya bukanlah hal yang baru. dalam Islam, penggunaan alat modern (kompas) untuk tujuan tersebut diperbolehkan karena memberikan hasil kesimpulan yang sama nilainya dengan ijtihad, yakni sama-sama menghasilkan kesimpulan.

"Kalibrasi mesjid sesuai ilmu Falak bisa menjawab persoalan arah kiblat,  karena dalan sholat  menghadap arah kiblat hukumnya wajib, inilah yang mendasari kita mendorong Kemenag untuk bisa memberikan pencerahan dan keyakinan dalam pelaksanaan sholat"

Kepala Kantor berharap para penyuluh yang hadir saat ini dapat terus mensosialisasikan kepada masyarakat melalui Majelis Taklim yang dipimpinnya untuk dapat menekankan bahwa kalibrasi arah kiblat itu sangat penting. Lebih lanjut menurutnya, menghadap kiblat yaitu Ka'bah merupakan syarat sah sholat. Hal ini sebagaimana perintah Allah SWT dalam Surat Al Baqarah 144.

Kontributor : Shinta Wulan Anggraeni 


Dibaca: 29 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter