Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jawa Barat Lakukan Inovasi Peningkatan Indek Kepuasan Pelayanan Haji

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jawa Barat Lakukan Inovasi Peningkatan Indek Kepuasan Pelayanan Haji

Jl. Jendral Sudirman No. 644 Bandung, HUMAS Bidang  Haji Dan Umroh

 

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jawa Barat, Adib, menyampaikan bahasan dengan tema Kementerian Agama menciptakan inovasi-inovasi tentang peningkatan indek kepusan pelayana haji, pada Kegatan Focus Group Discussion (FGD), Kamis, (9/9/2021) di  Luxton Hotel Bandung, diselenggarakan oleh Tim Peneliti Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Bandung (UNISBA).

 

Selanjutnya beliau menyampaikan juga tentang,  Pengelolaan keuangan Haji Pada Prespektif Kementerian Agama Dalam Meningkatkan Tujuan Jemaah Haji Indonesia ke depan.


"Pekerjaan Kementerian Agama
 sangat besar, dengan mengelola ratusan ribu orang di setiap tahunnya,  ditempat yang sama. Dalam hal ini Tugas Kementerian Agama tidak hanya  mengelola haji akan tetapi  juga umroh,  tentunya dapat mengundang masalah-masalah," ujar Adib.


Namun Kementerian Agama, lanjutnya, berupaya meningkatkan indek pelayanan yang lebih baik dengan memiliki undang-undang yang baru yang menjadi rujukan penyelenggaraan ibadah haji dan umroh yakni, PMA 28 Tahun 2019.


"Peraturan tersebut tidak hanya membahas tentang Pengelolaan Keuangan Haji saja namun dibahas pula banyak hal terkait oprasional penyelenggaraan ibadah haji, yakni; Dasar Hukum Tentang PKOPIH, 5 Satker PIH, Kanwil Propinsi, KUH Jeddah, UPT Asrama Haji, Kab/Kota, Pelaporan (LPKOPIH), Reviu Itjen sebelum disampaikan ke pemangku kepentingan, kemudian tujuan dan manfaat," jelasnya.

 

Diskusi yang bertemakan, “Kebijakan Pengelolaan Dana Haji Oleh BPKH Dihubungkan Dengan Prinsip Syariah Dan Kemaslahatan Umat ” dengan menghadirkan  berbagai unsur/ naras umber. LPPM menyelenggarakan  diskusi tersebut dilakukan dengan methode dua  Kelompok.  Diskusi Kelompok 1 terdiri dari 5 penyaji; Unsur Akademisi, Dr. Efik Yusdiansyah, SH,MH , MUI Jabar, Dr. Sofyan Al Hakim, M.Ag., MUI Kota Bandung, Dr. Hasan Ridwan, MA ., Kementerian Agama, Dr. H. Adib, M.Ag ., FKS Patuh Jabar, H. Rustam Sumarna . Dan Di Grup 2 terdiri 7 penyaji; Unsur Akademis, Prof. Dr. Rachmat Syafe'I, MA ., BNI Syari'ah, Dewi Intan,Bank Muamalat, Hendhi Purnama, Anwa Tours & Travel, H. Asep Ramdan Hidayat, Drs.,M.Si. KBIH Darul Hikam, Dr. H. Aep Saepuloh,SAAg.,M.Si ., Bank Syari'ah Indonesia, Endah Apriani dan Bank Syari'ah Indonesia, Abdul Ghazali.

 

Kontributor : Sep Nj.

 

 


Dibaca: 17 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter