Kepala Kankemenag menerima kunjungan dari Kepolisian Resort Kabupaten Tasikmalaya

Kepala Kankemenag menerima kunjungan dari Kepolisian Resort Kabupaten Tasikmalaya

Singaparna-Kab.Tasikmalaya – Radikalisme memang tidak hadir dalam ruang hampa, banyak indikator penting yang menjadi penyebab dan melatarbelakangi menguaknya kekerasan. Nama dan bentuknya multi ragam, mulai dari isu etnis berupa gerakan saparatis. Paham ini umumnya terjadi karena ketimpangan sosial ekonomi yang menimpa suatu etnis, sehingga etnis yang dianggap marjinal dan subordinat memilih untuk melakukan chaos. Dibeberapa wilayah radikalisme lebih kerap muncul karena motif agama, terutama ideologi yang ekslusif, fundamentalis. Secara psikologis berwatak garang, anti sosial hingga mengidap patalogis psikis, berupa perilaku obsesif kompulsif, seperti yang tertera dalam DSM V, buku panduan psikologis yang mencantumkan kekerasan agama, sebagai patalogis yang berlebihan dalam praktek keagamaan.

Agama merupakan aspek paling sensitif yang melekat dalam diri manusia. Salah satu yang menjadi payung kekerasan adalah ideologi yang dipercayai dalam komunitas kelompok intra keagamaan, atau berangkali sub-intra dalam agama tersebut. Itulah yang melatarbelakangi kunjungan dari Kepolisian Resort Kabupaten Tasikmalaya ke Kepala Kantor Kemenag di Ruang Tamu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, Selasa, (23/02/2016).

Brigadir Aripin menyampaikan bahwa dalam rangka upaya preventif menangkal paham radikalisme atau aliran sempalan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Intsansi terkait, selain dengan Kementerian Agama Kepolisian juga akan berkoordinasi dengan MUI Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini bertujuan untuk penyamaan langkah dalam menangkal paham radikalisme dan aliran sempalan.

“ Kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk dengan MUI Kabupaten Tasikmalaya” Tutur aripin seusai pertemuan.Aripin berharap bahwa harus ada langkah konkrit termasuk dari Kementerian Agama untuk menangkal paham dan aliran sempalan, aripin juga menuturkan bahwa kepolisian resort Kabupaten Tasikmalaya menggagas untuk membuat tim penyusun naskah khutbah, pamphlet atau bulletin yang disebar kepada masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan bagi masyarakat umum dan dapat bersama-sama mengantisipasi terhadap paham dan aliran tersebut.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Agus Abdul Kholik, MM menyambut baik dan mengapresiasi atas gagasan tersebut.  Kepala juga menuturkan bahwa hal ini perlu penanganan secara fokus dan diharapkan ada tindak lanjut serta disusul dengan koordinasi lanjutan.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik atas gagasan tersebut, kami berharap koordinasi seperti ini harus fokus dan ditindak lanjuti dengan pertemuan lanjutan” Tutur H. Agus.

Kontributor: Fajri Adi Nugraha


Dibaca: 52 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter