Kementerian PUPR Rehab 6 Madrasah di Jawa Barat

Kementerian PUPR Rehab 6 Madrasah di Jawa Barat

Jl. Gatot Subroto (HUMAS Bidang Pendidikan Madrasah)

"Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR dalam hal ini Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat yang telah bersedia menganggarkan Rehabilitas Gedung Madrasah di Jawa Barat," ucap Adib pada Kegiatan Serah Terima Pekerjaan Rehabilitasi dan Renovasi Sekolah/Madrasah di Provinsi Jawa Barat, Rabu (22/9), di Hotel Trans Luxury Bandung.

Ia juga yakin bahwa bangunan yang telah direhab oleh PUPR memiliki kualitas bangunan yang bagus karena dibangun oleh para ahlinya. 

Adib mengungkapkan, "Untuk membangun kualitas pendidikan generasi bangsa dibutuhkan kolaborasi instansi pemerintah yang terkait, seperti Kementerian Agama dan Kementerian PUPR yang selalu menjaga hubungan baik."

Bantuan PUPR yang sudah dirasakan oleh Kementerian Agama tidak hanya yang saat ini diserahterimakan, tetapi PUPR juga memberikan bantuan untuk penambahan fasilitas saluran air bersih dan gedung di pondok pesantren. 

"Hal ini sangat membantu sekali perkembangan pendidikan agama dan keagamaan," ucap Adib.

Maka tugas Kementerian Agama selanjutnya, menurut Adib adalah menambah sarana prasarana kelengkapan madrasah seperti meja, kursi, papan tulis, dan lain-lainnya.

"Semoga dengan bantuan rehabilitasi dan renovasi yang diberikan oleh PUPR dapat menambah semangat siswa siswi madrasah untuk belajar lebih giat," pungkas Adib.

Sementara, Kepala Satuan Kerja Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat Kementerian PUPR, Indra Gunawan, menyampaikan bahwa program ini berawal dari rasa prihatin terhadap banyaknya sekolah dan madrasah yang mengalami kerusakan berat dan sangat menganggu aktivitas belajar.

"Berdasarkan data yang kami himpun ada 16 madrasah yang memerlukan rehabilitasi, tetapi baru 6 madrasah yang selesai," ujar Indra.

Maka dari itu, tambahnya, Kementerian PUPR melalui ini Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat memiliki kewajiban untuk melakukan serah terima pekerjaan rehabilitasi dan renovasi sekolah/madrasah.

"Karena kami hanya membantu dalam hal perbaikan fisik gedung tetapi aset tetap milik Kementerian Agama," ucap Indra.

Adapun 6 madrasah yang telah selesai pengerjaan rehabilitasi dan renovasinya yaitu MTsN 2 Kab. Bandung, MAN 1 Kab. Bandung Barat, MIN 5 Kab. Cirebon, MTsN 5 Kab. Cirebon, MTsN 13 Kab. Majalengka, dan MIN 5 Kab. Kuningan.

"Harapan kami yaitu madrasah yang telah diperbaiki dapat dirawat dengan baik dan digunakan untuk proses belajar yang lebih baik dan nyaman," tutup Indra.

Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 278 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter