Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Hadirkan Jompo

Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Hadirkan Jompo

Singaparna (INMAS Kab. Tasikmalaya)

Dalam situasi sekarang ini karena adanya pandemi corona banyak masyarakat khususnya di Kab. Tasikmalaya yang terkendala dalam masalah ekonomi, khususnya masyarakat yang berstatus jompo. Untuk itu Kementerian Agama Kab. Tasikmalaya melalui Humas Kemenag Kab. Tasikmalaya Harokah Barokah salurkan bantuan untuk para jompo di Kab. Tasikmalaya. Dalam penyaluran bantuan, pihaknya cukup selektif untuk menentukan calon penerima. Bahkan secara langsung dilakukan survei ke lapangan terlebih dahulu, setelah mendapatkan data jompo yang terkategori warga miskin dari petugas KUA, Amil hingga guru madrasah.

Fajri Adi Nugraha selaku Ketua Tim mengatakan tujuan dari diadakannya survei terlebih dahulu supaya bisa jelas orang-orang yang memang betul harus dibantu dan supaya bantuan ini masuk sesuai kategori dan tidak melenceng dari niat para pendonatur.

“Karena sekarang ini banyak bantuan-bantuan yang memang tidak tepat sasaran, yang harusnya dibantu tapi salah sasaran,” ungkapnya.

Pada Jumat (26/6/2020) seluruh jompo penerima bantuan ini pun dijemput dari rumah mereka ke Kantor Kemenang Kabupaten Tasikmalaya. Selain mendapatkan paket sembako, mereka pun mendapatkan santunan uang baik dari Kementerian Agama maupun tamu yang hadir saat kegiatan. Rata-rata penerima bantuan ini telah berusia lebih dari 75 tahun. Bahkan ada pula yang telah berusia 100 tahun lebih. Akibat keterbatasan ekonomi, beberapa di antaranya kini hidup memprihatinkan dalam rumah gubuk yang nyaris ambruk dan tidak layak huni.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tasikmalaya, H. Usep Saepudin Muhtar mengatakan ini baru sebagian yang dibantu oleh Kementerian Agama. “Insya Allah kegiatan aksi sosial ini akan kita lakukan terus melalui Humas Kementerian Agama Harokah Barokah dengan dibantu juga oleh para donator yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, karena ini sebagai bentuk kepedulian kami untuk masyarakat Kab. Tasikmalaya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya mengajak untuk para donator lain Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya pun mengetuk hati para donatur yang ingin berbagi dan membantu kehidupan para kaum lansia ini.

Alhamdulillah beberapa diantaranya yang hadir pada kegiatan aksi sosial ini mengaku siap untuk ikut memperbaiki rumah gubuk milik para lansia ini yang kini memprihatinkan,” pungkasnya.


Kontributor: FAN/Jaeni

Editor : Nunik


Dibaca: 5 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter