Kemenag Kab Bogor Gelar Sosialisasi Pendataan Guru PAI

Kemenag Kab Bogor Gelar Sosialisasi Pendataan Guru PAI

Cibinong-Kab Bogor

Saat ini data yang akurat berbasih Teknologi Informasi (IT) menjadi kebutuhan ril dunia pendidikan. Karena dengan data yang akurat akan memudahkan pengambilan kebijakan yang dilakukan pemerintah, hal itu ditegaskan Kepala Kemenag Kab Bogor Dr. H. Suhendra, MM ketika membuka kegiatan Sosialisasi Penguatan Data Pendidikan Agama Islam yang digelar Seksi PAIS Kemenag Kab Bogor di Aula Kemenag Kab Bogor, Senin (24/8).

“Sekarang semua pekerjaan dilingkungan kita mulai dikembangkan ke arah

pendataan berbasis IT,” kata Suhendra. Lebih jauh dia mengatakan, Kementerian Agama terus mengembangkan *Education Management Information System (EMIS* ) dimana pendataan berbasis online hal ini dikarenakan penyampaian informasi dituntut cepat dan akurat sehingga

proses pengambilan keputusan strategis tidak akan terganggu. “Kita ingin cepat namun terarah, makanya sistemnya dibuat sebaik mungkin,” ujarnya.

Jika dulu, sambung dia, EMIS hanya digunakan untuk mengelola data madrasah mulai dari tingkat ibtidaiyah sampai dengan aliyah.  Saat ini EMIS diberi tambahan untuk pengelolaan data Raudhatul Athfal/Bustanul Athfal (RA/BA), Pengawas Madrasah, Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum, Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum. “Sekarang untuk pendataan guru agama di sekolah umum sudah dibuat melalui Emis,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi PAIS Kemenag Kab Bogor O. Dadan Farid, S.Ag, M.Pd.I mengungkapkan, pendataan  melalui system Emis pada seksi PAIS merupakan tahun ketiga, dimana memang cukup sulit mendata guru agama islam pada sekolah umum. “Karena Kab Bogor jumlah gurunya banyak dan banyak juga yang berada di lokasi terpencil,” kata Dadan.

Untuk itu, dengan pendataan system IT ini semua guru agama islam yang ada disekolah umum bias terdata seluruhnya sehingga nantinya akan berbasis lembaga yang ada. “Selama ini belum seperti itu, makanya dengan system ini kita berharap guru PAI nantinya berbasis lembaga pendidikan yang ada, nanti datanya jelas dan sekolahnya jelas,” pungkasnya.

Kontributor : Ade Irawan


Dibaca: 632 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter