Kemenag Dorong Pemda dan FKUB Bangun Budaya Dialog Lintas Agama

Kemenag Dorong Pemda dan FKUB Bangun Budaya Dialog Lintas Agama

Bandung (INMAS Bagian Tata Usaha)

Kementerian Agama mendorong Pemerintan Daerah dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk membangun budaya dialog lintas agama mulai dari level keluarga. Hal ini dikemukakan Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Dialog Lintas Agama Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Bandung, Jawa Barat.  

“Pemahaman mengenai pentingnya dialog lintas agama harus diarusutamakan hingga ke level keluarga dan lingkungan RT/RW, baik dalam kerangka regulasi maupun program-program pemerintah di tingkat nasional maupun daerah,” kata Nizar, Selasa (6/4/2021). 

Dialog yang mengangkat tema “Meneguhkan Jawa Barat sebagai Rumah Bersama Semua Umat Beragama” ini digelar Pemerintah Daerah Jawa Barat, dan diikuti berbagai unsur masyarakat. Mulai dari unsur pemerintah, FKUB Jawa Barat, tokoh agama, perwakilan ormas keagamaan, hingga perwakilan media di Jawa Barat. Acara yang berlangsung selama tiga hari, 6-8 April 2021 ini dibuka secara daring  oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Selama ini, menurut Nizar peran FKUB sangat efektif dalam membuka dialog antar umat beragama dan pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai konflik antar pemeluk agama yang terjadi di Indonesia, misalnya terkait dengan pendirian rumah ibadah. Pembentukan FKUB selama ini dianggap telah memberikan ruang bagi pemerintah untuk melibatkan peran aktif masyarakat hingga di unit terkecil. 

Dalam kesempatan tersebut, Nizar juga mengapresiasi Pemda, FKUB, dan tokoh agama Jawa Barat yang mendeklarasikan komitmen untuk menjadikan Provinsi Jawa Barat sebagai rumah bersama seluruh umat beragama. Komitmen ini menurut Nizar sejalan dengan moderasi beragama yang saat ini telah menjadi bagian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. 

“Ini luar biasa, saya kira bisa menjadi pilot project. Motto yang diusung bisa menjadi guide line untuk kita semuanya. Kita banyak kesamaan pandangan, kesamaan persepsi, kesamaan langkah untuk mewujudkan semua wilayah kita ini sebagai rumah semua agama,” kata Nizar. 

Kakanwil Kemenag Jawa Barat Adib mendukung langkah ini.  “Deklarasi Jawa Barat sebagai rumah besar bagi seluruh umat beragama ini luar biasa. Ini patut dicontoh, dan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat,” tutur Adib. 

Di akhir acara, para tokoh agama membacakan deklarasi kerukunan dan komitmen untuk mewujudkan Jawa Barat sebagai rumah bersama umat beragama. Penandatanganan deklarasi ini disaksikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar.

Sumber: Siaran Pers Humas Kemenag RI



Dibaca: 21 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter