Kemenag Ciamis Sosialisasikan PMA Nomor 13 Tahun 2021

Kemenag Ciamis Sosialisasikan PMA Nomor 13 Tahun 2021

Jl. Jend.Sudirman (HUMAS Kab.Ciamis)

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis melaksanakan sosialisasi PMA Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Haji Reguler pada Rabu (24/11) di Hotel Tiara Ciamis. Hadir sebagai narasumber Amri Yusri, Kepala Seksi pendaftaran dan dokumen haji reguler Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Barat.

Ia memaparkan evaluasi pendaftaran, pembatalan dan pelunasan persfektif PMA Nomor 13 Tahun 2021. Menurutnya, berdasarkan data siskohat pertanggal 23 Nopember 2021 di Kabupaten Ciamis jumlah calon jamaah yang melakukan pendaftaran sebanyak 814, pembatalan haji 214 , pelimpahan porsi 62, waiting list 19.501 dengan masa tunggu keberangkatan 19 tahun.

Ia juga menyampaikan dengan terbitnya PMA Nomor 13 Tahun 2021 menjadi era baru pendaftaran haji, yaitu Pertama, proses pendaftaran dapat dilakukan di Kankemenag Kabupaten/Kota, Mobil Keliling, atau pendaftaran elektronik.

Kedua, jamaah dapat melakukan setoran awal dan konfirmasi pendaftaran haji tanpa perlu datang ke Bank dan Kankemenag Kabupaten/Kota. Ketiga, Bisa dilakukan dari manapun dan kapanpun. serta keempat, semua dokumen persyaratan tersimpan secara elektronik.

Menurutnya pendaftaran haji kini bisa dilakukan melalui  aplikasi haji pintar yang dapat didownload melalui playstore, namun implementasi digitalisasi pendaftaran masih terdapat permasalahan, yaitu masih terdapat kesalahan entry kode daerah domisili jemaah, masih terdapat informasi yang belum secara utuh tersosialisasikan dari kebijakan tersebut, masih belum seluruh BPS Bipih memiliki supporting system dari kebijakan tersebut, dan masih terdapat Kabupaten/Kota yang belum memiliki sertifikat elektronik sebagai dasar Tanda Tangan Elektronik (TTE).

Kontributor : Arif Furqon Johansyah

Editor : Tri Budiono


Dibaca: 47 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter