KELAS VIRTUAL, KELAS UNGGULAN MTs NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA

KELAS VIRTUAL, KELAS UNGGULAN MTs NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA

Pandemi Covid-19 telah memberikan gambaran atas kelangsunan dunia pendidikan madrasah di masa depan melalui bantuan teknologi. Sehingga dapat dikatakan bahwa pandemi Covid-19 merupakan badai besar dalam dunia pendidikan yang merubah kebiasaan yang sudah ada. Perlua daptasi dan membutuhkan keterampilan khusus seorang guru madrasah untuk melakukan banyakkreativitas.  Khususnya ketrampilan dalam menggunakan teknologi digital sebagai media edukasi dalam bentuk kelas-kelas daring atau webinar, pemanfaatan google formulir dan lain sebagainya, yang  semuanya berbasis pada android agar pendidikan di Indonesia terus berjalan dengan khidmat dan tidak menjenuhkan. Sebab kita yakin bahwa ketikatidakadanya inovasi maka peserta didik akan merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran daring.

MTs Negeri 2 Kota Tasikmalaya melakukan inovasi dengan program Kelas Virtual. Program unggulan ini dalam rangka mempersiapkan madrasah dalam era digital. Dengan adanya kelas virtual ini untuk menghasilkan siswa-siswi madrasah yang berkualitas baik sains maupun akhlak.  Tentunya program unggulan ini diharapkan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di MTs Negeri 2 Kota Tasikmalaya secara keselurtuhan. Peningkatan kualitas guru madrasah MTs Negeri 2 Kota Tasikmalaya juga ditingkatkan dengan program bimbingan teknis penggunaan E-Leraning. 


Tantangan juga tidak hanya tertuju pada guru, melainkan peserta didik maupun orang tua. Orang tua dari peserta didik dipaksa untuk memiliki kompetensi abad 21. Ketrampilan yang dimaksud adalah Self-directed learning atau pembelajaran mandiri orang tua pada putra putrinya sebagai outcome dari pendidikan daring. Padahal tingkat pendidikan orang tua sebagai mitra guru, kepemilikan handphone dan akses internet, geografis, serta tingkat perekonomian masing-masing peserta didik yang tidak merata, juga merupakan tantangan serius untukke berlangsungan pendidikan.


Dalam rangka menjembatani kondisi tersebut seorang guru perlu memiliki ketrampilan khusus untuk dapat mengemas proses pembelajaran dengan menyesuaikan diri pada kondisi peserta didik. Memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar secara langsung dari lingkungan terdekat masing-masing baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Karena pembelajaran yang terbaik adalah dengan cara mengalami sendiri dalam arti belajar akan lebih membekas tatkala seorang peserta didik dapat berinteraksi langsung antara individu dengan lingkungan.


Beberapa prinsip yang menentukan proses dari hasil belajar dan harus menjadi pegangan seorang guru dalam pembelajaran daring atau  virtual, khususnya dimasa pandemi Covid-19 ini yakni: Pertama, Membangun motivasi Peserta didik. Kedua, Perhatian terhadap peserta didik. Ketiga, Mengajak seluruh peserta didik untuk aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Keempat, Memahami karakter peser tadidik.


Untuk itu seorang guru dimana pun berada perlu melakukan perubahan dan terobosan baru pembelajaran sebagai wujud inovasi dan kreatifitas dalam rangka merdeka belajar. Percayalah setiap upaya yang kita lakukan akan membawa hasil sesuai dengan apa yang kita usahakan. Sehingga peserta didik sangat bahagia dalam berlangsungnya pembelajaran tanpa keluar dari kopentensi pembelajaran yang hendak dicapai.

KOntributor : Hendri Hendarsah

Dibaca: 43 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter