Kasi Penais Zawa Tuntut Penyuluh Miliki 4 Kompetensi

Kasi Penais Zawa Tuntut Penyuluh Miliki 4 Kompetensi

Tawang (INMAS Kota Tasikmalaya)  H. Jamaluddin, Kabid Penerangan Agama Islam, Zakat & Wakaf Kanwil Kemenag Jawa Barat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi SE nomor 21 tahun 2021 yang digelar Kementerian Agaam Kota Tasikmalaya , Kamis (29/7) secara daring melalui zoom meeting.

Di hadapan 86 peserta yaitu para Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Agama Islam Non PNS Jamaluddin sampaikan bahwa Penyuluh sebagai ujung tombak dan garda terdepan kementerian Agama harus memiliki beberapa kompetensi.

Kompetensi yang dimaksud pertama adalah kompetensi personal. Menurutnya kompetensi personal yaitu kapasitas pribadi yang meliputi kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Semua ini merupakan kemampuan dasar untuk mengembangkan kemampuan human skills.

Kompetensi personal ini mutlak dimiliki setiap penyuluh agar dapat diterima oleh masyarakat pada umumnya dan kelompok binaan/sasaran pada khususnya,” ujarnya.

Kedua adalah kompetensi substanstif, yaitu kemampuan untuk menguasai materi penyuluhan, filosofi, tujuan umum dan khusus materi yang disampaikan. Ketiga adalah kompetensi metodologis, yaitu kemampuan menguasai berbagai metode pembelajaran, khususnya metode yang relevan untuk pembelajaran kelompok binaan/sasaran.

“Terakhir adalah kompetensi administratif, yaitu penguasaan keterampilan berbagai administratif kepenyuluhan yang dibutuhkan  seperti pembuatan Rencana Kerja Tahunan, rencana kerja operasional, menyusun desain dan naskah penyuluhan, membuat laporan mingguan dan sebagainya,” jelas Kabid Penais Zawa.

Selain itu disampaikan pula bahwa akan ada agenda penting pada tanggal 3 Agustus 2021  dimana akan diturunkan 75 orang asesor yang akan mengasesmen 50 rb penyuluh di Jawa Barat. Mereka adalah pihak ketiga yang dipercaya untuk menilai kelayakan seorang penyuluh untuk memangku tugas dan fungsi kepenyuluhan.

Kontributor : Yeni Rohayati


Dibaca: 27 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter