Kasi PD Pontren: Lembaga Keagamaan Agar Terapkan 5M

Kasi PD Pontren: Lembaga Keagamaan Agar Terapkan 5M

Singaparna (INMAS Kab. Tasikmalaya)

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Harun Harosid, M.Pd. mengajak dimasa pandemi covid 19 yang melanda bumi nusantara ini, agar berpikiran positif dan tidak menganggap covid-19 itu tidak ada. Akan tetapi ia juga mengajak bahwa masyarakat harus dapat meyakinkan diri bahwa semua ini akan berakhir pada waktunya.

“Saya mengajak semua untuk tetap berpikir positif, dengan pertama tidak menganggap virus covid-19 itu tidak ada. Jadi kita harus yakin bahwa virus itu memang ada, dan yang kedua harus yakin pandemi akan berakhir. Yang terpenting bagi kita untuk tetap berpikir bahwa kita bisa keluar dari kungkungan pandemic covid-19.” kata Harun saat menyampaikan sosialisasi penerapan protokol kesehatan 5M di ruang kerjanya. Senin (22/02/21).

Adapun yang ketiga kata Harun, masyarakat harus tetap bermunajat kepada Allah SWT. Masyarakat harus yakin bahwa semua yang terjadi ini dari kehendak-Nya. Akan tetapi jelas Harun, jalan syariat dan lahiriah juga harus ditempuh seperti melaksanakan protokol 5M salah satu syariat lahiriah manusia untuk mencegah penyebaran covid-19 tersebut.

“Yang ketiga bermunajat kepada Allah SWT, bahwa hanya Allahlah yang bisa mengusir dan memberhentikan atau segera mengangkat wabah covid 19 ini dari tanah air kita. Yang harus kita ingat bahwa untuk memperoleh kobul dari do’a-do’a kita, kita harus bisa memantaskan diri untuk memperoleh kobul itu. Untuk wabah covid 19 patuhi 5 M agar kita pantas mendapatkan kobul bahwa kita tidak terkena, tidak menularkan dan covid-19 segera berakhir. Diantaranya memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas dan interaksi.” Jelasnya.

Ia juga menyerukan kepada Pimpinan Lembaga Keagamaan dibawah koordinasinya agar dapat menerapkan protokol kesehatan tersebut, sebagaimana isi dari Instruksi Menteri Agama RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sosialisasi Gerakan Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan 5M.

“Kepada Pimpinan Pondok Pesantren, Pimpinan Pendidikan Diniyah, Kepala-kepala Pendidikan Al-Qur’an yang kesehariannya berinteraksi dengan pada murid dan para santrinya, kami sangat berharap agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 5 M tadi. Mudah-mudahan upaya-upaya yang kita lakukan, Allah SWT segera mencabut wabah covid-19 dari muka bumi ini dan semoga kita diselamatkan oleh Allah SWT. Aamiin.” pungkasnya.

 

Kontributor: Fajri Adi Nugraha

Editor : Nunik


Dibaca: 7 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter