KASI PAKIS: “PAUDQU Mengenalkan Keilmuan Keislaman pada Anak Usia Dini”

KASI PAKIS: “PAUDQU Mengenalkan Keilmuan Keislaman pada Anak Usia Dini”

Jl. Ahmad Yani (HUMAS KOTA TASIKMALAYA) Pendidikan Anak Usia Dini Al-Qur’an (Paud Qu) dibentuk untuk mengenalkan anak membaca, menulis, tahfidz atau menghafal, dan mengamalkan ayat Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Kementerian Agama Kota Tasikmalaya melalui Seksi PAKIS menyelenggarakan Pembinaan Lembaga Pendidikan Al Qur'an PAUDQU Se-Kota Tasikmalaya di Aula Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya pada Rabu (24/11).  Hadir dalam kesempatan ini 89 lembaga PAUDQU dari 10 kecamatan yang ada di Kota Tasikmalaya.

Mendampingi Kepala Seksi PAKIS, hadir pula Ketua BKPRMI Nuki Anwar Sidik, S.HI, Ketua LPPTKA BKPRMI Ade Iman, Ketua FKPQ Asep Marpudin, Penjab Kelembagaan Seksi PAKIS Rohimat, S.Sos, Ketua FKPQ a.n Asep Marpudin, Penjab Pengolah Data Lembaga Keagamaan H. Agus Rahayu, S.Pd, dan Staf Seksi PAKIS Miftah Anwar Ramdani, S.Sy.

Kepala Seksi PAKIS Kemenag Kota Tasikmalaya H. Cecep Nurholis menyampaikan dalam kesempatan ini mengenai tugas PAUDQU yang penting, Penyerahan SK dan Piagam Izin Terdaftar Lembaga PAUDQU, pengajuan Nomor Pokok Standar Nasional (NPSN) secara kolektif, penguatan data emis, Izin Operasional lembaga, pendataan lembaga secara berkala. Diberikan waktu sesi tanya jawab seputar PAUDQu, beberapa pertanyaan antara lain cara pemutakhiran data emis, format blanko emis untuk siswa dan guru, mekanisme pengumpulan dokumen untuk pengajuan NPSN.

PAUDQU memiliki tugas untuk mendekatkan anak-anak pada Al Quran dan diajarkan pula terkait praktik ibadah, doa sehari-hari, dan sejarah Islam.

“Untuk mewujudkannya dibutuhkan acuan berupa perencanaan kurikulum untuk sebagai petunjuk bagi ustadz pengasuh satuan lembaga pendidikan pada anak usia dini, keberadaan PAUDQU sangat memberikan manfaat bagi pendidikan anak usia dini dalam mengenalkan keilmuan keislaman. PAUDQU menjadi lembaga pendidikan terbaik bagi anak usia dini,” jelas H. Cecep.

Lebih lanjut H. Cecep juga menyampaikan bahwa Paud Qu merupakan lembaga pendidikan formal di bawah naungan bimbingan dan pembinaan Kemenag, lembaga ini konsen mengenalkan dan mendidik anak usia dini dengan Al Quran,

“keberadaan PAUDQU diharapkan dapat memberikan edukasi kepada anak sejak usia dini dengan pendekatan keagamaan untuk penerapan praktik ibadah dan nilai ajaran agama islam kepada Anak.” tandas H. Cecep.

Kontributor : Shinta Wulan Anggraeni

Editor : Tri Budiono 


Dibaca: 53 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter