Kasi Bimas Bangga Penyuluh Diapresiasi Menjadi Duta Vaksin dan Prokes 5M

Kasi Bimas Bangga Penyuluh Diapresiasi Menjadi Duta Vaksin dan Prokes 5M

Tawang (INMAS Kota Tasikmalaya) Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya melalui Seksi Bimbingan masyarakat islam menginisiasi kegiatan Sosialisasi Surat Edaran nomor 21 tahun 2021 dan Inmendagri nomor 24 tahun 2021, Kamis (29/7). Kegiatan yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting ini diikuti oleh pesserta yaitu Para Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Non PNS.

Sosialisasi langsung disampaikan oleh Jamaludin, Kabid Penerangan Agama Islam, Zakat & Wakaf Kanwil Kemenag Jawa Barat dan M. Ali Abdul Latief Kakankemenag Kota Tasikmalaya. Tampak hadir pula secara daring Kepala Seksi Bimas Islam Danial Abdul Kholik yang bertindak sebagai moderator.

Dimintai keterangan selepas memandu jalannya kegiatan Danial sampaikan kegiatan sosialisasi penting dilaksanakan sebagai upaya untuk membekali para Penyuluh Agama Islam baik yang Fungsional maupun yang non PNS serta Kepala KUA dalam melaksanakan tugasnya memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai berbagai regulasi.

“Terutama sekarang regulasi terbaru yaitu Surat Edaran nomor 21 tahun 2021,” tegasnya.

Kasi bimas sampaikan hampir setiap hari muncul regulasi baru yang dikeluarkan pemerintah hal ini pasti akan diikuti pula oleh munculnya surat edaran. Penyuluh dalam hal ini memiliki peran yang sangat strategis menjagi garda terdepan dalam menyampaikan berbagai informasi kebijakan dan regulasi pemerintah kepada masyarakat umum.

“Sekarang ini posisi Penyuluh agama islam sedang menjadi idola atau primadona, bukan hanya di Kota Tasikmalaya tapi hampir di seluruh Kota di Indonesia,” imbuhnya.

Mereka, papa Penyuluh ini digandeng oleh pemerintah baik pusat maupun daerah, oleh TNI dan Polri untuk ikut serta bersama – sama mengatasi penyebaran Covid 19. Seperti halnya yang terjadi di Tasikmalaya sudah berlansung beberapa kali pemerintah Kota Tasikmalaya mengadakan kegiatan yang mengundang penyuluh dalam rangka memusyawarahkan berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19 dan juga mengevaluasi implementasi kebijakan pemerintah di masyarakat.

“Pemkot secara langsung meminta para penyuluh kita untuk menjadi relawan, hal yang sama dialkukan pemerintah yaitu dengan mengangkat para penyuluh menjadi Duta Vaksin dan Prokes 5M”, Kita sikapi ini secara positif sebagai bentuk apresiasi bagi Penyuluh Agama Islam,” pungkasnya.

Kontributor : Yeni Rohayati

Dibaca: 18 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter