Kanwil Kemenag Jabar Gelar Seleksi Petugas Haji Daerah

Kanwil Kemenag Jabar Gelar Seleksi Petugas Haji Daerah

JL. Peta - Bandung (HUMAS Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah)

Sebanyak 327 orang mengikuti test  seleksi calon Petugas Haji Daerah (PHD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 yang dilaksanakan di Grand Pasundan Convention Hotel, Jl. Peta Bandung, Kamis (12/05/2022). Dari para peserta yang lolos seleksi akan menjadi Petugas Haji yang membantu petugas Kloter dalam pelayanan bimbingan ibadah, pelayanan umum, dan pelayanan kesehatan di Kloter.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil kemenag Prov. Jawa Barat, H. A. Handiman Romdony, menjelaskan bahwa dari 327 peserta yang mengikuti tes, 265 orang mengikuti seleksi pada bidang pelayanan umum. Sedangkan 62 orang mengikuti seleksi pada bidang kesehatan.

Romdony menjelaskan bahwa metode pelaksanaan testing terdiri dari tes dengan menggunakan CAT memiliki bobot 40% dengan kategori soal wawasan kebangsaan, manasik, tugas dan fungsi. Sedangkan penilaian tes tulis pendalaman tugas dan wawancara memiliki bobot 60%.

Direktur Bina Haji Ditjen PHU Kemenag RI, H. Arsyad Hidayat menyampaikan bahwa pelaksanaan seleksi PHD tahun ini diatur dalam PMA Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler. Dengan hal tersebut ingin menunjukkan kepada publik bahwa Kemenag serius dalam melaksanakan pelayanan haji.  

Arsyad menegaskan PHD memiliki tugas yang sama, yaitu sama-sama melayani para jemaah haji, bukan dilayani. Hal ini telah menjadi komitmen bersama Meskipun di tanah air memiliki jabatan tinggi, tetapi ketika di tanah suci menjadi PHD, memiliki tugas yang sama yaitu sama-sama melayani jemaah haji. Ia berharap dengan hal ini dapat meningkatkan Indeks Kepuasan Jemaah Haji terhadap pelayanan ibadah haji.

Kegiatan seleksi Petugas Haji Daerah dibuka secara resmi oleh Direktur Bina Haji yang mewakili Direktur Jenderal Penyeelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Biro Kesejateraan Rakyat Pemprov Jabar, H Barnas Adjidin dan Kepala Biro Plt Kabag TU, H. Ahmad Patoni.

Kontributor : Tri Budiono 


Dibaca: 103 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter