Kankemenag KBB: Jangan Sampai Agama Dibentrokan dengan Negara

Kankemenag KBB: Jangan Sampai Agama Dibentrokan dengan Negara

Padalarang (Inmas Kab. Bandung Barat)

Kepala Kantor Kementerian Agama, Ahmad Sanukri, mengatakan bahwa moderasi beragama merupakan hal yang penting. Pernyataan ini disampaikan dalam kegiatan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang diselenggarakan oleh KKG MI 0088 dan 0089 Padalarang di Aula MI Anwarussalam, Selasa (23/11).

“Moderasi beragama bukan memoderasi ajaran agama, tetapi memoderasi pemahaman dan pengalaman umat beragama dari sikap ekstrem. Jangan sampai agama dibentrokan dengan negara, karena akan menimbulkan perang saudara, sparatisme, dan instabilitas negara,” ujar Ahmad Sanukri.

Kegiatan PKB ini diikuti oleh 52 guru MI dari 12 MI swasta se-Padalarang yang terdiri dari 26 guru kelas 5 dari KKG MI 0088 dan 26 guru kelas 6 dari KKG MI 0089. Dalam sambutannya, Ahmad Sanukri juga menekankan bahwa Kementerian Agama diamanahi oleh pemerintah, salah satunya untuk mengelola pendidikan.

“Tugas Kementerian Agama adalah melaksanakan sebagian tugas pemerintah di bidang agama, salah satunya mengelola pendidikan berciri khas agama. Kepala, pegawai, hingga guru madrasah juga harus terus mengawal keberlangsungan moderasi beragama.”  ujar Ahmad Sanukri.

Selain memaparkan materi mengenai moderasi beragama, Ahmad Sanukri juga berpesan bahwa dalam dunia pendidikan perlu ada upaya untuk terus memperbaharui informasi, kompetensi, serta kapasitas sumber daya manusia, termasuk guru.

“Mengapa update informasi ini penting? Karena pendidikan itu berkembang melahirkan peradaban. Kegiatan PKB ini penting dalam rangka peningkatan kapasitas guru menuju madrasah education quality reform.” Tutup Ahmad Sanukri.


Kontributor : Ani Dwi Utami

Editor : Tri Budiono


Dibaca: 21 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter