Kankemenag Kabupaten Purwakarta Tingkatkan Kualitas PPAIW Dan Nazhir Wakaf

Kankemenag Kabupaten Purwakarta Tingkatkan Kualitas PPAIW Dan Nazhir Wakaf

Jl. Siliwangi, Kabupaten Purwakarta

Jabatan Nazhir wakaf merupakan jabatan terhormat dan mulia, karena mendapat kepercayaan dari wakif untuk mengelola tanah wakaf yang dipergunakan untuk kemaslahatan umat, demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta Drs.H.Cecep Kosasih, MM saat memberikan pengarahannya pada acara Workshop Peningkatan Kualitas PPAIW dan Nazhir wakaf tingkat Kabupaten Purwakarta Tahun 2016 yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Purwakarta, 24/2 di Hotel Grand Situ Buleud Purwakarta Jalan Siliwangi No.11 Purwakarta.

Dihadapan 30 ( tiga puluh ) orang peserta kegiatan yakni para Kepala KUA Kecamatan dan Nazhir se-Kabupaten Purwakarta ini Kepala Kankemenag mengatakan saat ini masih banyak tanah wakaf di Kabupaten Purwakarta yang belum memiliki sertifikat akta ikrar wakaf. Hal ini jelas mengakibatkan banyak tanah wakaf yang di gugat oleh para ahli waris dari wakif, terlebih  banyak dari para wakif dan nazhir yang sudah meninggal sehingga ahli waris leluasa untuk menggugat tanah wakaf tersebut.

"Berdasarkan fakta di apangan itulah kemudian kegiatan ini dilaksanakan. Kegiatan ini dimaksudkan agar para nazhir lebih professional dalam menjalankan tugasnya ke depan dengan baik," Ujarnya.

Lebih lanjut H. Cecep mengatakan dalam menyikapi berbagai permasalahan tanah wakaf tersebut, maka Kementerian Agama mengeluarkan kebijakan pertama Membentuk badan wakaf Indonesia. Kemudian mengembangkan obyek wakaf, meningkatkan kualitas nazhir, membuat percontohan wakaf produktif dan menjalin kemitraan pemberdayaan  wakaf. Hal lainnya adalah mengoptimalkan dukungan pemda dan mendorong tumbuhnya semangat wakaf.

Ia menambahkan tentang potensi tanah wakaf jika dipergunakan, diantaranya adalah memberdayakan ekonomi umat, memberantas kemiskinan, membuka lapangan kerja, meningkatkan kesehatan umat dan meningkatkan kualitas pendidikan umat, untuk itu mari kita kelola tanah wakaf dengan sebaik mungkin," Imbuhnya

Kontributor: Asep Sunandar Nugraha


Dibaca: 65 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter