Kamad MTs 5 Karawang, Bersinergi dengan Pimpinan Pesantren

Kamad MTs 5 Karawang, Bersinergi dengan Pimpinan Pesantren

Rawamerta ( INMAS Kab. Karawang )
Sebagai madrasah berbasis pesantren, dimana lebih dari 90 % peserta didknya berstatus santri, Kepala MTs Negeri 5 Karawang, Ansori, S.Ag. M.Pd menyadari betul pentingnya menjalin komunikasi dengan para pimpinan pesantren guna membangun sinergi untuk madrasah yang berkualitas. Seperti halnya silaturahmi yang dilakukan Ansori, pada hari Rabu (28/07/2021).
Integrasi madrasah dan pesantren dalam  satu model Pendidikan menjadi nilai plus tersendiri bagi para peserta didik di MTs Negeri 5 Karawang. Dimana proses pembelajaran berlangsung selama 24 jam, dan keseimbangan antara ilmu agama dan darigama.
“Setidaknya ada tiga tipe pelibatan pesantren dalam proses pembelajan di madrasah” Ucap Ansori.
Pertama, Parenting.  Dalam integrasi antara madrasah dan pesantren, pesantren berperan sebagai wakil dari orang tua, pemahaman tentang parenting bertujuan untuk menyamakan visi misi tentang tumbuh kembang anak hingga dewasa. Hal ini sangat penting agar pihak madrasah dan pesantren dapat memberikan bantuan yang tepat dalam proses pembelajaran peserta didik baik di madrasah maupun pesantren.
Kedua, Dialog. Kegiatan dialog ini adalah upaya yang dilakukan madrasah untuk meningkatkan komunikasi timbal balik atau komunikasi dua arah dengan pihak pesantren tentang hal-hal yang berkaitan dengan program madrasah dalam meningkatkan hasil belajar dan karakter peserta didik serta kemajuan/prestasi yang sudah dicapai oleh madrasah dan peserta didik.
Ketiga, pelibatan pihak pesantren dalam pengambilan keputusan di madrasah. Pelibatan pihak pesantren dalam pengambilan keputusan, ini menjadi sangat strategis dan bermakna karena mereka merasa dilibatkan dan pada gilirannya mereka merasa memiliki madrasah. Hal ini akan mendorong pihak pesantren ikut bertanggung jawab dalam melaksanakan keputusan bersama tersebut.
Kontributor : Denden / Ansori


Dibaca: 14 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter