Kalibrasi Arah Kiblat Solusi Bagi Keakuratan Arah Kiblat

Kalibrasi Arah Kiblat Solusi Bagi Keakuratan Arah Kiblat

Menghadap Kiblat merupakan salah satu syarat sah shalat,namun dalam pelaksanaan shalat itu sendiri umat islam belum sepenuhnya mengamalkan syariat tersebut secara akurat. Meskipun ketika shalat umat islam menghadapkan badannya ke arah kiblat tapi mereka tidak mengetahui apakah kiblat yang dimaksud benar –benar tertuju ke ka’bah sebagai episentrum arah shalat untuk umat islam di seluruh dunia atau tidak

Arah kiblat Mesjid atau Mushalla dulu hampir tidak pernah dipersoalkan , namun dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi saat ini menjadikan keakuratan arah kiblat menjadi persoalan yang cukup mendapat perhatian para jamaah. Jamaah yang dulu tidak pernah mempertanyakan keakuratan arah kiblat karena awam tentang masalah tersebut , setelah mendapatkan informasi mereka ingin mendapatkan kejelasan mengenai ketepatan arah kiblat di Mesjid atau Mushollanya. 

Kementerian Agama Kota Tasikmalaya dalam hal ini melalui Penyelenggara Syariah mencoba memberi solusi bagi umat terkait keakuratan arah kiblat melalui pengukuran atau kalibrasi arah kiblat mesjid dan musholla  di Wilayah Kota Tasikmalya. Menggandeng BHRD (Badan Hisab Rukyat Daerah) sejak tahun 2013 sudah melayani pengukuran arah kiblat sebanyak 150 mesjid atau musholla. Memasuki tahun 2016 baru ada 3 Mesjid atau Musholla yang telah dikalibrasi. 

Cecep Nurkholis, S.Ag, M.Pdi salah seorang pegawai di Penyelenggara Syariah menuturkan yang dimaksud kalibrasi arah kiblat adalah upaya mencocokan atau menyesuaikan arah / jurusan tempat kita berada dengan bangunan Ka’bah di Masjidil Haram. Bagi lokasi yang jauh dari tanah Suci Mekah atau bahkan di luar Arab Saudi seperti kita di Indonesia, kita bisa menggunakan ijtihad arah kiblat . Ijtihad arah kiblat dapat ditentukan melalui perhitungan falak atau astronomi serta dibantu peralatan modern. 

“Pelayanan bantuan kalibrasi arah kiblat ini diharapkan bisa membantu umat yang menginginkan keakuratan dalam penentuan  arah kiblat di Mesjid dan Mushola mereka” pungkas beliau. 

 

Kontributor : Yeni Rohayati

 


Dibaca: 631 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter