Kakemenag Kota Banjar Tinjau Pelaksanaan Assesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah

Kakemenag Kota Banjar Tinjau Pelaksanaan Assesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah

Parunglesang (INMAS Kota Banjar)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjar, Dr. H. Badruzaman, M.Pd. didampingi Kasubbag TU, H. A. Mubarir meninjau proses pelaksanaan ujian Assesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah (AKG, AKK dan AKP) di MTSN 1 Banjar dan MAN Banjar, Kamis (19/11).

Pelaksanaan Assesmen dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 19-20 Nopember 2020 yang dipusatkan di dua lokasi yakni MTSN 2 Banjar dan MAN Banjar. Kegiatan tersebut diikuti sejumlah 272 peserta berasal dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang terdiri dari jumlah guru sebanyak 219 orang, Kepala sejumlah 38 orang dan Pengawas sejumlah 1 orang.

Dalam kesempatannya, Kakemenag Kota Banjar mengutarakan, peserta yang mengikuti kegiatan assesmen adalah guru, kepala dan pengawas madrasah dari semua jenjang yang sudah memenuhi persyaratan, sehingga mereka memiliki kesempatan untuk mengikutinya.

“Dengan adanya assesmen ini para guru bisa memiliki kompetensi sesuai dengan regulasi dan harapan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Terlebih menjadi tenaga yang terampil, cakap sesuai dengan tupoksinya.” terang Badruzaman.

Asesemen kompetensi guru, kepala, dan pengawas madrasah ini, lanjut Badruzaman, bertujuan untuk mengetahui tingkat dan gambaran informasi umum kompetensi mereka sesuai standar yang telah ditetapkan. Asesmen ini pun penting untuk memetakan sebaran dan kompetensi mereka sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

“Tentunya hasil dari pelaksanaan asesmen ini akan menjadi rapor kompetensi yang dapat menjadi acuan pihak terkait dalam pengembangan keprofesionalan berkelanjutan guru, kepala dan pengawas madrasah.” kata Badruzaman.

Sementara itu Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kota Banjar, H. A. Mubarir, S.Ag. menambahkan, proses kegiatan assesmen AKG, AKK dan AKP yang dilaksanakan di lingkungan Kementerian Agama Kota Banjar ini telah mengikuti prosedur penerepan protokol kesehatan.

“Sosialisasi protokol kesehatan sudah disampaikan dari awal kepada seluruh peserta agar dalam pelaksanaanya para peserta selalu memperhatikan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.” kata Mubarir.

 

Kontributor : Aep Saepulloh

Editor : Nunik


Dibaca: 16 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter