Kakanwil : Tusi Kemenag Cukup Strategis dan Bernilai Ibadah yang Luar Biasa

Kakanwil : Tusi Kemenag Cukup Strategis dan Bernilai Ibadah yang Luar Biasa

Hotel Mustika Ratu – Pangandaran

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Drs. H.A Buchori, MM memberikan materi dan arahan dalam Kegiatan Rapat Kerja Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya hari Jum’at (18/2) di Hotel Mustika Ratu – Kabupaten Pangandaran.

Beliau menuturkan bahwa Rapat Kerja adalah satu kegiatan yang amat penting dan strategis untuk menjadi acuan kita bekerja pada tahun yang sedang berjalan, mengevaluasi kegiatan dan program tahun lalu kemudian merancang dan merencanakan kegiatan untuk tahun 2017.

“Meski Raker adalah agenda rutin tahunan tapi masih ada paradigma yang belum berubah di kalangan beberapa pegawai, jika itu masih terjadi artinya kita tidak peka dengan fenomena yang ada di masyarakat”

“Tugas dan fungsi Kemenag adalah membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di bidang agama dan keagamaan jadi tujuannya adalah agar masyarakat taat dalam melaksanakan ajaran agama. Sebenarnya tusi kita cukup strategis dan bernilai ibadah yang luar biasa” tutur beliau.

Kakanwil mengungkapkan bahwa Kementerian Agama masih memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah masih kuatnya paradigm berfikir sektoral. Ini menjadi kelemahan karena ketika berfikirnya sudah sektoral maka akan muncul arogansi sektoral, nantinya tidak aka n ada silaturahmi dan tukar fikiran sehingga akan muncul kejumudan , kurangnya inovasi dan kreatifitas.

Kelemahan  lainnya adalah tentang ketersediaan data. Meski sekarang teknologi sudah sangat canggih tapi kita masih tertatih – tatih dalam mengikutinya. Terkadang masih belum bisa mengoperasionalkannya. Belum bisa memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan data . Padahal data adalah amunisi yang sangat penting , karena bila kita akan menjual suatu program kegiatan harus ditunjang dengan data yang benar.

Terakhir Kakanwil berharap Raker Kankemenag Kota Tasikmalaya ini bisa menghasilkan draf hasil keputusan raker lebih awal untuk dilaporkan ke Kantor wilayah kementerian Agama Provinsi Jawa Barat.

 

Kontributor : Yeni Rohayati

 


Dibaca: 50 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter