Kakanwil Targetkan Serapan Anggaran Kemenag Jabar 2021 Capai 99,80%

Kakanwil Targetkan Serapan Anggaran Kemenag Jabar 2021 Capai 99,80%

Garut (INMAS Bagian Tata Usaha)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, pada kesempatannya memberikan sambutan sekaligus arahan dalam Kegiatan Rapat Kerja Kementerian Agama Wilayah Bandung Raya, Kamis (17/6), di Hotel Tirta Kencana Garut.

"Pada tahun 2020, serapan anggaran Kementerian Agama berhasil menduduki peringat ketiga diantara KLDI lainnya yaitu sebesar 96,33% dan Jawa Barat berkontribusi besar terhadap penyerapan anggaran tersebut dengan capaian 99,73%," ujar Adib.

Maka dari itu, Adib, menegaskan serapan anggaran tersebut harus dijadikan semangat agar pada tahun 2021 tidak turun. "Target kita untuk tahun 2021 ini serapan anggaran Kementerian Agama harus mencapai minimal 99,8%," ujarnya kembali.

Dihadapan para peserta, Adib, berharap Kementerian Agama Jawa Barat tetap dapat menjaga kesolidan agar program kinerja dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

"Visi Misi Kementerian Agama yang telah dirumuskan pada tahun 2020 memiliki 13 sasaran strategis yang menjadi kategori keberhasilan program kinerja," ujarnya.

Adib melanjutkan bahwa sasaran strategis ini memiliki masing-masing penilaian yang menjadi tolak ukur keberhasilan dan bahan evaluasi untuk kedepannya dapat ditingkatkan.

Adapun strategi kinerja Kementerian Agama dengan mengacu pada Renstra yang baru, Adib, melanjutkan bahwa pandemi Covid-19 yang masih ada saat ini menjadi program utama di tahun 2021 dengan adanya pelaksanaan vaksin Covid-19.

"Kita memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai vaksin Covid-19," ucapnya.

Kemudian, lanjutnya, sudah hampir 2 tahun anak-anak kita sekolah menggunakan metode pembelajaran jarak jauh atau online. "Tentunya ini menjadi tantangan terbesar kita pada tahun ini, sehingga kita harus dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi dalam mengemas materi pembelajaran," ujarnya.

"Sesuai dengan keputusan pemerintah saat ini, bahwa pemberangkatan jemaah haji tahun ini dibatalkan dengan mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan jemaah haji," ujarnya.

Akan tetapi, informasi pembatalan pemberangkatan haji ini menimbulkan hoaks yang sangat merugikan, Adib, pun mengimbau bahwa sebagai ASN Kementerian Agama memiliki tugas untuk menyampaikan informasi  yang benar terkait pembatalan pemberangkatan jemaah haji tahun 2021.

Strategi ini pun dilanjutkan dengan implementasi 7 program prioritas Kementerian Agama, Adib, kembali menjabarkan yaitu moderasi beragama, revitalisasi KUA, transformasi digital, cyber university, kemandirian pesantren, dan religousity index.

"2 hal terakhir yang tidak kalah pentingnya yaitu perbaikan tata kelola pemerintahan dan peningkatan fasilitas layanan umat beragama," ujar Adib.

Adib berharap dengan dilaksanakannya Rapat Kerja Kementerian Agama Wilayah Bandung Raya dapat merumuskan langkah-langkah strategis demi menyukseskan program kinerja Kementerian Agama.

Rapat Kerja Kementerian Agama Wilayah Bandung Raya ini diikuti oleh Kankemenag Kab. Bandung, Kankemenag Kab. Bandung Barat, Kankemenag Kab. Sumedang, Kankemenag Kota Bandung, dan Kankemenag Kota Cimahi.

Kontributor: Novam Scorpiantrien 


Dibaca: 33 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter