Kakanwil Tandatangani MoU STOPAN Jawa Barat

Kakanwil Tandatangani MoU STOPAN Jawa Barat

Jl Dr. Radjiman - Bandung (Inmas - Bagian Tata Usaha)

Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, Dr. H. Adib, M. Ag. menandatangani nota kesepahaman (Memmorandum of Understanding) dengan Pemerintah Prov. Jawa Barat, untuk gerakan Stop Perkawinan Anak (STOPAN) Jawa Barat, bersama dua instansi pemerintah vertikal lainnya, yaitu Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dan perwakilan BKKBN Jawa Barat, di tengah kegiatan peringatan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar di Kantor Dinas Pendidikan Pemprov. Jawa Barat, Jl. Dr. Radjiman Bandung, Rabu (28/07).

STOPAN Jawa Barat merupakan upaya pemerintah guna menurunkan laju perkawinan anak di Jabar dengan melibatkan unsur pentahelix yaitu pemerintah, akademisi, komunitas, pebisnis, dan media. Di Jawa Barat, sebagaimana dikutip dari laman www.pikiran-rakyat.com,  pada saat ini berdasarkan data dari BPS Jabar tahun 2020 masih tingginya kasus perkawinan anak, yaitu sebesar 11,96% (prevalensi perempuan usia 20 tahun hingga 24 tahun yang menikah pada usia di bawah 18 tahun pada tahun 2020), prevalensi stunting sebesar 26,21%, jumlah perceraian sebanyak 94,351 kasus, ratio kematian ibu sebesar 85,77/100.000 kh dan angka kematian bayi sebanyak 3,18/1.000 kh.

Kegiatan peringatan hari anak nasional tingkat Jawa Barat berlangsung sederhana namun meriah yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil, yang diikuti oleh kepala daerah Kabupaten / Kota se- Jawa Barat secara daring (online). Secara bersamaan kegiatan peringatan hari anak nasional di Jawa Barat ditandai dengan kick off vaksinasi pencegahan COVID 19 untuk anak yang digelar di berbagai titik Kabupaten/Kota se Jawa Barat.

Gubernur menyampaikan bahwa Covid 19 ini merupakan sebuah ujian. Oleh karenanya harus belajar, beradaptasi dan bersemangat untuk lulus dalam ujian ini. Menurutnya, kata kunci untuk dapat lulus menghadapi ujian  ini adalah meningkatkan kesabaran, daya belajar dan daya adaptasi. ia berharap anak Jawa Barat ke depan menjadi generasi yang tangguh dalam menghadapi ujian.

Kontributor : Tri Budiono


Dibaca: 208 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter