Kakanwil: Perubahan Mindset Tentukan Percepatan Transformasi Pelayanan Publik

Kakanwil: Perubahan Mindset Tentukan Percepatan Transformasi Pelayanan Publik

Cisarua (INMAS Bagian Tata Usaha)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, dalam arahan dan sambutannya pada pembukaan Kegiatan Rapat Kerja Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi menegaskan mengenai pentingnya melaksanakan percepatan transformasi pelayanan publik, Kamis (24/6), di Hotel Green Peak Cisarua Bogor.

"Rapat kerja ini penting untuk dilakukan sebagai upaya awal untuk menyamakan persepsi mengenai percepatan transformasi pelayanan publik yang menjadi target Kementerian Agama tahun 2021," ujar Adib.

Adib menilai bahwa percepatan penting untuk dilaksanakan agar Kementerian Agama menjadi instansi yang paling terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Sudah banyak program kinerja Kementerian Agama yang mengalami perubahan sebagai tuntutan kebutuhan publik," ucapnya.

Maka dari itu, Adib, berharap Kankemenag Kota Bekasi sebagai salah satu daerah penyangga ibukota harus dapat menerapkan percepatan transformasi pelayanan publik dan memberikan contoh bagi daerah lainnya.

Adib juga menilai untuk menerapkan percepatan transformasi pelayanan publik pasti ada tantangan dan kendala yang harus dihadapi. "Salah satu tantangan yang sedang kita hadapi adalah Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih berlangsung, tetapi hal ini jugalah yang memaksa kita untuk beradaptasi dengan dunia digital," ujarnya.

"Saat ini dibutuhkan perubahan mindset kearah yang positif dalam memberikan pelayanan publik sehingga tidak menimbulkan kendala dalam memberikan pelayanan keagamaan, pelayanan pendidikan, dan tata kelola administrasi pemerintahan," ujar Adib.

Adib mengajak agar ASN Kementerian Agama memiliki tekad untuk dapat berubah menjadi lebih baik kedepannya dengan meningkatkan kompetensi sehingga memiliki inovasi dan kreatifitas dalam menjalankan program kinerja Kementerian Agama.

"Percepatan transformasi pelayanan publik dicerminkan pada 7 program prioritas Kementerian Agama yang menjadi maklumat untuk dilaksanakan," ujarnya.

"Program prioritas yang paling utama dan menjadi dasar dari semuanya yaitu penguatan moderasi beragama. Semua program pelayanan publik harus didasari dengan moderasi beragama," kata Adib.

Kemudian, program prioritas berikutnya yaitu Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Cyber Islamic University, Kemandirian Pesantren, Religiousity Index dan Tahun Toleransi.   

"Alhamdulillah, Jawa Barat terpilih menjadi salah satu provinsi percontohan Revitalisasi KUA yaitu di KUA Ciawigebang Kab. Kuningan. Semoga ini bisa dijadikan contoh bagi KUA lainnya terutama KUA yang sudah SBSN," kata Adib.

Mengakhiri arahan dan sambutannya, Adib, memberikan kabar yang menggembirakan bahwa Kementerian Agama menduduki peringkat ketiga dalam serapan anggaran dan Kementerian Agama Jawa Barat telah memberikan kontribusi yang sangat besar yaitu serapan anggaran tahun 2020 dapat mencapai 99,73%.

"Hal ini tentunya menjadi target kita bersama bahwa pada tahun 2021 serapan anggaran Kementerian Agama Jawa Barat harus berada di atas itu minimal 99,80%," ucapnya.

Kegiatan Rapat Kerja Kankemenag Kota Bekasi dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 24 dan 25 Juni 2021 dan dihadiri oleh seluruh jajaran pejabat di lingkungan Kankemenag Kota Bekasi serta perwakilan dari pokjaluh dan pokjawas. 

Kontributor: Novam Scorpiantrien   



Dibaca: 16 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter