Kakanwil : Perkawinan Anak akan Jadi Problem bagi Keberlangsungan Generasi

Kakanwil : Perkawinan Anak akan Jadi Problem bagi Keberlangsungan Generasi

Jl. Jend.Sudirman - Bandung (Inmas - Bagian Tata Usaha)

Perkawinan anak akan menjadi problem bagi keberlangsungan generasi kita. Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, Dr. H. Adib, M.Ag., saat menjadi narasumber kegiatan Webinar yang diselenggarakan Pokja Tim Penggerak PKK Prov. Jawa Barat, dengan tema "Pendewasaan Usia Perkawinan Anak,Menuju Keluarga Indonesia Sejahtera dan Harmonis", Kamis (29/07).

Pada kegiatan yang dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Jawa Barat, Atalia Praratya, Kakanwil mengungkapkan bahwa hakikat anak adalah amanah yang diberikan kepada orang tua dan amanah itu harus dijaga. Menurutnya, perkawinan usia anak akan menjadi problem, karena sesungguhnya kedua mempelai belum siap dalam mendidik anak.

Ia menambahkan bahwa suramnya masa depan manakala perkawinan di bawah umur tetap berlangsung. Berbagai permasalahan yang timbul di antaranya, perceraian yang berakibat pada problem sosial, kematian ibu dan anak, dan problem lainnya.

Dalam hal pencegahan pernikahan anak, Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat telah menjalin kerja sama dengan berbagai instansi terkait di Jawa Barat untuk gerakan pencegahan perkawinan anak, di antaranya dengan BKKBN, MoU bersama Komisi Perempuan dan Perlindungan anak dan lain-lain. Selain itu, Kemenag Prov. Jawa Barat juga memiliki lebih dari enam ribu penyuluh agama yang tersebar di seluruh penjuru Jawa Barat. Mereka dapat menjadi motor untuk memberikan materi pencegahan pernikahan anak, baik melalui majelis taklim maupun pengajian.

Kakanwil memandang ada beberapa hal yang menyebabkan perkawinan anak masih berlangsung, yaitu masih adanya tradisi di beberapa daerah yang memandang perkawinan anak tidak maasalah, problem ekonomi yang menyebabkan anak putus sekolah, karena tidak ada pekerjaan akhirnya orang menikahkannya, serta pengaruh media.

Menurutnya permasalahan tersebut harus segera diatasi dengan beragam solusi, di antaranya Meningkatkan lapangan pekerjaan, serta meningkatkan pendidikan moral agama yang bisa mengantisipasi pergaulan bebas dan pengaruh media.

Kontributor : Tri Budiono


Dibaca: 51 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter