Kakanwil: Penyuluh Harus Update, Profesional dan Handal

Kakanwil: Penyuluh Harus Update, Profesional dan Handal

Tawang (INMAS Kota Tasikmalaya) Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat H. Adib menjadi narasumber dalam kegiatan Webinar Pokjaluh Jawa Barat, Rabu (28/7). Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dengan menghadirkan para Penyuluh Agama Islam se-Jawa Barat. Turrut hadir para penyuluh Agama Islam Fungsional yang tergabung dalam Pokjaluh Kankemenag Kota Tasikmalaya pimpinan Arip Somantri.

Kakanwil dalam arahannya menyampaikan Strategi Bimbingan dan Penyuluhan menjadi konsen Menteri Agama saat ini, selain itu perhatian beliau terhadap tupoksi dan kesejahteraan  Penyuluh Agama sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan diajukannya usula kepada DPR RI untuk kenaikan tunjangan bagi penyuluh agama islam Non PNS.

Adib juga menyampaikan tantangan kita sebagai ASN Kemenag, termasuk di dalamnya Penyuluh, adalah mewujudkan VISI Kemenag RI yaitu “Kementerian Agama yang profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong”.

Karenanya Penyuluh Agama Islam harus meng "update" pemahaman Ke-Islaman", agar meningkat aspek profesionalisme dan kehandalannya. Update ilmu, pengetahuan, dan wawasan. Update pula Kebijakan Pemerintah. 

“Penyuluh Agama Islam yang Handal adalah mereka yang memiliki komitmen terhadap pekerjaan (tupoksi). Bermental yang kuat, dan disiplin yang tinggi,” ujarnya.

Upaya untuk meningkatkan profesionalisme dan meng update Pemahaman keIslaman pa Adib, begitu sapaan beliau menawarkan metode SMQ (Smart Method bil-Qolam) untuk lebih memahami bahasa al-Qur'an. Metode ini untuk meningkatkan kefahaman yang dibaca baik kosakata maupun susunan kalimat Al-Qur’an. 

KOntributor : Yeni Rohayati



Dibaca: 37 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter