Kakanwil: Kinerja Pengawas Juga Perlu Dinilai

Kakanwil: Kinerja Pengawas Juga Perlu Dinilai

Jl. Merdeka (HUMAS Bidang Pendidikan Madrasah)

Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Barat menyelenggarakann Rapat Koordinasi Persiapan Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah (PKPM) Kanwil Kemenag Jawa Barat Tahun 2022, Jumat (14/5), di Hotel Arya Duta Bandung.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Ajam Mustajam, dan didampingi oleh Plt Kepala Bagian Tata Usaha, Ahmad Patoni, dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Yusuf.

Pada sambutan dan arahannya, Ajam, menekankan bahwa Pengawas sebagai salah satu komponen tenaga kependidikan memegang peranan penting dan strategis dalam peningkatan mutu pendidikan.

"Saat ini Jawa Barat memiliki 583 pengawas untuk madrasah dan guru PNS/Non PNS, maka diperlukan pemetaan ulang untuk melihat jumlah kebutuhan pengawas di Kab/kota," tuturnya.

Penilaian kinerja pengawas madrasah, lanjutnya, berguna untuk menentukan capaian hasil kinerja yang telah dilakukan pengawas madrasah selama satu tahun sebagai bagian dari evaluasi diri dalam rangka perbaikan dan peningkatan kualitas kerjanya.

"Selain itu, penilaian kinerja pengawas juga sebagai dasar kenaikan pangkat dan golongan. Kemudian, mengembangkan analisis kekuatan dan kelemahan proses dan hasil pelaksanaan tugas sebagai dasar pengembangan dan perbaikan mutu profesi," jelasnya.

Ajam menilai bahwa pengawas yang memiliki kompetensi unggul tentunya akan meningkatkan kualitas madrasah menjadi madrasah yang mandiri dan berprestasi.

Maka dari itu, Ajam berharap dengan terlaksananya kegiatan ini akan dapat menyamakan persepsi terhadap regulasi dan teknis pelaksanaan Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah (PKPM) sehingga tersruktur dan akuntabel sesuai regulasi yang berlaku.

Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 63 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter