Kakanwil: Depok Wajib Laksanakan Zona Integritas

Kakanwil: Depok Wajib Laksanakan Zona Integritas

Cilodong (INMAS Bagian Tata Usaha)

Menyadari posisinya yang sangat berdekatan dengan Ibukota Jakarta, maka Kota Depok wajib menjalankan zona integritas. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, menegaskan bahwa target Jawa Barat mendapatkan status WBK WBBM sudah tertuang dalam Renstra Kementerian Agama Jawa Barat Tahun 2020-2024. Hal ini diutarakannya pada kegiatan Pembinaan ASN di lingkungan Kankemenag Kota Depok Tahun 2020, Kamis (15/10).

Adib, yang didampingi oleh Kepala Kankemenag Kota Depok, Asnawi, mengapresiasi upaya yang dilakukan Kankemenag Kota Depok  yang bersinergi dengan pemerintah setempat dalam menyukseskan program kerja Kementerian Agama.

"Sesuai dengan penjelasan dari Pak Asnawi bahwa sudah ada beberapa KUA yang mendapatkan tanah hibah dan dibangun menjadi lebih baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pelayanan kepada umat," tuturnya.

Adib menilai bahwa KUA merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada umat, terlebih Kota Depok yang posisinya sangat dekat dengan ibukota dan  jumlah penduduk yang besar maka dibutuhkan KUA yang representatif dalam memberikan pelayan.

"Dari pelayanan KUA inilah zona integritas dapat diwujudkan. Bahkan tidak hanya Kota Depok saja, melainkan Kab/kota di Jawa Barat yang berdekatan dengan ibukota wajib melaksanakan zona integritas," terangnya.

Tidak hanya pelayanan KUA, Adib juga menyoroti pendidikan madrasah dan pondok pesantren yang ada di Kota Depok harus dapat ditingkatkan kualitasnya.

"Madrasah negeri memang terbatas jumlahnya tetapi hal ini dapat dibantu oleh madrasah swasta. Maka dari itu, madrasah negeri yang ada di Kota Depok harus dikuatkan keberadaannya dan berikan pengawasan dan dukungan penuh terhadap madrasah swasta," jelasnya.

"Berikan pelayanan pendidikan agama dan keagamaan yang seimbang sesuai dengan regulasinya," ucapnya.

Pada kesempatannya, Adib juga menjelaskan visi dan misi Kementerian Agama berdasarkan Renstra Kementerian Agama Tahun 2020-2024. 

"Kata kunci dari visi misi Kementerian Agama adalah profesional, andal, saleh, moderat, cerdas, dan unggul. Kata Kunci inilah yang harus kita pedomani dalam merencanakan dan melaksanakan program kinerja Kementerian Agama," jelasnya.

Adib berharap Kankemenag Kota Depok dapat meraih WBK WBBM sehingga dapat dijadikan contoh bagi kab/kota lainnya di Jawa Barat.

Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 46 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter