Kakankemenag: Penilaian Kepala Madrasah Objektif Karena oleh Stake holder dan Guru

Kakankemenag: Penilaian Kepala Madrasah Objektif Karena oleh Stake holder dan Guru

Indihiang (INMAS Kota Tasikmalaya)

Kepala Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya, M. Ali Abdul Latief  sampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di Lingkungan Kemenag Kota Tasikmalaya.  Hal ini disampaikan ketika memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan PKKM secara resmi di Auditorium MAN 2 Kota Tasikmalaya, Rabu (15/9).

Menurutnya kegiatan ini memberikan banyak sekali manfaat bukan hanya untuk Kepala Madrasah secara pribadi namun juga untuk institusi Kementerian Agama.  Secara tidak langsung dari kegiatan PKKM ini bisa didapatkan informasi mengenai  profil, tingkat kompetensi dan kinerja Kepala Madrasah.

Bagi Institusi, hasil kegiatan PKKM  ini bisa menjadi salah satu bahan rujukan bagi Kantor Wilayah dan juga bahan kebijakan bagi ia selaku Kepala Kantor dalam pemetaan Kepala Madrasah di Kota Tasikmalaya.  Bagi Kepala Madrasah secara pribadi melalui PKKM ini bisa menjadi salah satu alat evaluasi diri karena ternyata penilaian ini dilakukan sangat objektif

“Kenapa dikatakan objektif karena yang menilai adalah stake holder dan juga guru yang bebas dari pressure  karena dinilai by aplikasi,” jelasnya.

Dilihat dari unsur yang dinilai yaitu Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan dan Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan dan Hasil Kinerja Kepala Madrasah banyak sekali poin – pont penting yang harus dimiliki oleh Kamad, bagaimana inovasi, leadership dan hasil kinerja yang sudah dilaksanakan olh Kepala Madrasah.

 Ali memberikan motivasi kepada semua peserta untuk mengikuti kegiatan sebaik- baiknya apapun hasil penilaian nanti tidak menjadi soal. Jika hasilnya sangat baik tentu harus dipertahankan kalaupun hasilnya masih kurang baik , menjadi bahan perbaikan dan evaluasi diri untuk memperbaikinya. Paling penting dari kegiatan ini adalah adanya semangat untuk bersama – sama membangun Madrasah hebat dan madrasah bermartabat  di kemenag Kota Tasikmalaya.

Kontributor : Yeni Rohayati


Dibaca: 38 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter