kakankemenag Kota Tasikmalaya Ajak penyuluh Dakwah melalui Tulisan

kakankemenag Kota Tasikmalaya Ajak penyuluh Dakwah melalui Tulisan

Sebagai upaya meningkatkan minat dakwah melalui tulisan di kalangan Penyuluh Agama Islam, Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya menggelar bimbingan Teknis Penulisan Ilmiah, dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor kementerian Agama kota Tasikmalaya menjadi salah satu narasumber.

Beliau mengungkapkan bahwa fenomena sekarang ini budaya menulis sudah mulai luntur, sudah tertanam dalam fikiran kita bahwa menulis itu sulit. Padahal menurut beliau bagi seorang penyuluh agama tulisan bisa menjadi  salah satu media dakwah, apalagi penyuluh sebagai salah satu perpanjangan tangan Kantor kemenag  menjadi salah satu corong dan ujung  tombak yang bisa menjaga tauhid masyarakat, menjaga agar nilai – nilai agama tetap dilaksanakan di kalangan umat.

Dengan menulis  penyuluh dapat menyalurkan ide, kreatifitas dan buah fikirannya untuk kemudian bisa dibaca masyarakat luas. Ada banyak karya yang bisa dihasilkan penyuluh yang insyaAlloh bisa bermanfaat untuk umat, misalnya saja penyuluh bisa membuat literature atau buku saku mengenai hal – hal kekinian yang dikaji menurut pandangan islam.

“minimal kita membiasakanlah dalam lingkup tingkat Kecamatan penyuluh melalui KUA bisa menghasilkan kajian dalam bentuk tulisan yang bisa dibaca oleh masyarakat, misalnya tentang kondisi kekinian mengenai aliran sesat, bagaimana tentang miras, tentang program – program kementerian Agama dan lain sebagainya” ucap H. Ahmad Patoni.

“Tentunya ini juga bisa dari segi financial bisa menghasilkan. Ketika kita sudah terbiasa menulis, hasil tulisan kita bagus tidak menutup kemungkinan itu akan menambah penghasilan yang luar biasa”

“Jangan lupa salah satu amal sholeh yang pahalanya akan terus mengalir nanti salah satunya adalah dakwah kita lewat tulisan, tulisan kita yang mengajak kepada kebaikan, mencegah kepada kemungkaran, insyaAlloh akan menjadi ladang amal kebaikan sebagai bekal kita nanti.”

Selama ini saya jarang melihat hasil karya penyuluh  baik dalam bentuk diktat , buku saku atau kumpulan tulisan yang sekiranya bisa dijadikan referensi  lebih jauhnya bisa dijadikan rujukan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan. Kami membuka peluang sebesar – besarnya, silahkan bila ada yang mempunyai  karya tulis berikan pada kami, nanti kami akan menggandeng pemerintah  melakukan kajian siapa tau itu bisa bermanfaat untuk masyarakat luas. Oleh karena itu mulai sekarang berkaryalah, hasilkan tulisan yang baik, yang bisa menjadi amal sholeh kita” pungkas Kepala Kantor.

 

Kontributor : Yeni Rohayati


Dibaca: 58 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter