Kakankemenag Kota Bekasi Hadiri Peringatan Isra Miraj

Kakankemenag Kota Bekasi Hadiri Peringatan Isra Miraj

Jl. Pramuka,Kota Bekasi (Inmas Kota Bekasi)

kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi, Maman Sulaiman bersama sama dengan Kepala Seksi Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf Kankemenag Kota Bekasi dan staf Kankemenag Kota Bekasi, Kepala KUAndan Penyuluh menghadiri peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Selasa Malam, 10/5 di Masjid Agung Koa Bekasi, Masjid AlBarkah.

Acara peringatan Isra Miraj ini digelar sebagai bentuk penghargaan umat muslim dengan perjalanan nabi Muhammad dalam waktu satu malam yang kemudian melahirkan perintah menunaikan shalat untuk Umat Muslim. Peristiwa Isra Miraj terbagi menjadi dua peristiwa . Dalam Isra Nabi Muhammad SAW diberangkatkan oleh Allah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha. Sedangkan dalam Miraj Nabi Muhammad dinaikkan ke langit hingga Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi.

“Ketika di naikan ke Sidratul Muntaha ini Rasulullah mendapat perintah langsung dari Allah, yaitu ibadah sholat,” Tutur Kepala Kankemenag Kota Bekasi, Maman Dilakukan.

Dalam kesempatan tersebut dihadirkan Penceramah asal Jakarta Prof. Dr.KH. Kana Sutrisna Suryadilaga, Mm, M.Ag, M.Psi. Dalam ceramahnya, Professor Suryadilaga menjelaskan tentang keutamaan gerakan gerakan Shalat. Salah satu yang dijelaskannya adalah tentang gerakan rujuk dalam shalat. Professor mengatakan dari gerakan rukuk ini dapat diambil mensejajarkan fungsi otak dan kecerdasan dengan hati. Dengan begitu otak dan kecerdasan tidak lagi berada pada posisi tertinggi dimana posisi ini dapat menimbulkan rasa takabur.

“ Jadi kalau sejajar sikap takabur dan sombong dapat ditekan, “Jelasnya.

Selain itu, Professor juga memberikan penjelasan filosofi dari sujud. Dimana dengan sujud ini dianalogikan manusia hanyalah makhluk ciptaan Allah yang tidak berarti dan memiliki derajat yang rendah, sehingga tidak ada gunanya merasa tinggi hati dan sombong.

Kontributor: Evi Agustin

 


Dibaca: 178 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter