Kakankemenag : Guru Pembelajar Substansinya adalah Guru Masa Depan

Kakankemenag : Guru Pembelajar Substansinya adalah Guru Masa Depan

 Kalipucang (INMAS Pangandaran)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Pangandaran, H. Supriana merasa bangga atas terbitnya buku pembelajaran yang dibuktikan dengan antusiasme peserta yang hadir.

"Ini sebuah bukti antusiasme untuk lebih mengetahui secara mendalam minimal isi dari buku ini, maksimalnya mencari informasi bagaimana menjadi seorang penulis yang baik, hasil dari analisis yang baik dari kegiatan keseharian dan bersumber dari dunia pendidikan," tuturnya.

Kakankemenag yang bertindak sebagai salah satu dari narasumber bedah buku guru pembelajar,  menyampaikan bahwa guru pembelajar substansinya adalah guru masa depan.

"Kenapa demikian kalau bicara pembelajar ada pengaruh efek implikasi dari proses belajar itu sendiri, sehingga saya memiliki opini dan optimisme tinggi bahwa modal besar sebagai guru bukan hanya sekedar transfer of knowledge atau orientasi pelaksana tugas semata, tapi justru yang harus lebih kita optimalkan adalah transfer of value," jelas pria kelahiran Tasikmalaya 1963.

Menurut Kakankemenag, transfer of value pengaruhnya sangat luar biasa karena bukan hanya sekedar transfer akhlak, moral tetapi justru mentransfer kebiasaan-kebiasaan yang sifatnya pengembangan jati diri anak termasuk didalamnya nilai-nilai literat.

"Ibu, bapak sudah tahu persyaratan yang harus dimiliki seorang guru bukan hanya sekedar memiliki kompetensi intelektual, sosial, spiritual tapi sekarang harus miliki kompetensi vokasional salah satunya di antaranya adalah keterampilan berliterat," imbuhnya. 

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa kemampuan literat saat ini menjadi penting sebab di masa datang, manusia akan dihadapkan dengan kompetisi global dengan teknologi sebagai kata kuncinya. 

"Diakui atau tidak kompetisi global itu pasti akan terjadi, yang namanya kompetisi digital akan semakin terasa, oleh karena itu jangan pernah merasa sudah tua untuk menguasai teknologi digital," ujarnya. 

Kegiatan Bedah Buku Guru Pembelajar diikuti ratusan guru madrasah di Pangandaran dari berbagai jenjang, dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menghadirkan narasumber Kepala Kemenag Kab. Pangandaran H. Supriana, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Nana Supriatna.

Kontributor : Humas Kemenag Pangandaran

Editor : Tri Budiono


Dibaca: 40 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter