Kabid Pendidikan Madrasah Serahkan 154 SK Izin Operasional Madrasah Swasta

Kabid Pendidikan Madrasah Serahkan 154 SK Izin Operasional Madrasah Swasta

Cijerah (INMAS Bidang Pendidikan Madrasah)

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Yusuf, mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat menyerahkan 154 SK Izin Operasional Madrasah Swasta kepada Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab/kta se-Jawa Barat, Senin (28/6), di Aula MAN 1 Cijerah, Bandung.

Sebelum menyerahkan SK Izin Operasional Madrasah Swasta, Yusuf, memberikan arahan bahwa yang wajib menerima langsung SK Izin Operasional Madrasah Swasta adalah Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab/kota agar memiliki tanggung jawab moral terhadap pelayanan pendidikan.

"Setelah menerima SK Izin Operasional Madrasah Swasta agar segera diserahkan langsung pada madrasah atau yayasan yang bersangkutan dan saya tegaskan tidak ada pungutan pada saat menyerahkan izin operasional tersebut," ujar Yusuf.

Yusuf juga mengajak kepada Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab/kota untuk proaktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Jangan menjadi orang yang menunggu bola tetapi harus menjemput bola agar kita langsung mengetahui kondisi dan realitas yang terjadi di tengah masyarakat," katanya.

"Saya ingatkan sekali lagi bahwa pelayanan pendidikan merupakan pelayanan yang utama yang kita berikan kepada masyarakat, maka sudah sewajarnya kita bergerak cepat dalam memberikan pelayanan publik," ucap Yusuf.

Pembagian SK Izin Operasional Madrasah Swasta yang dilakukan hari ini, Yusuf, memastikan masih masuk dalam tahap 1, sedangkan untuk tahap 2 akan ada 256 SK Izin Operasional Madrasah Swasta yang akan dibagikan selanjutnya.

"Pembagian tahap 2 akan dilaksanakan langsung di ruang Bidang Pendidikan Madrasah dan tetap hanya Kasi Penmad Kab/kota yang dapat menerimanya," ujar Yusuf.

Yusuf berharap dengan dibagikannya SK Izin Operasional Madrasah Swasta akan memberikan kontribusi yang positif bagi madrasah tersebut sehingga bisa berinovasi dalam memberikan pengajaran kepada siswa siswi madrasah.

Kembali Yusuf menginformasikan, "Pada akhir Bulan Juli 2021 akan dilaksanakan asesmen untuk Kepala Madrasah dan Kepala Tata Usaha Madrasah serta diklat. Tidak hanya itu saja, pengawas juga akan kami libatkan dengan diklat karena keberadaan pengawas tidak kalah pentingnya dalam menjaga mutu dan kualitas madrasah."

"Salah satu tugas Kasi Penmas Kab/kota juga harus memiliki data yang akurat mengenai madrasah-madrasah swasta yang membutuhkan bantuan seperti madrasah yang rusak berat dan madrasah yang terkena bencana agar kedepannya bantuan madrasah tepat sasaran," ujar Yusuf.

Mengenai banyaknya temuan mengenai keuangan komite madrasah, BPMU, dan BOS, Yusuf, memastikan Kasi Penmad untuk mereview kembali juknis keuangan tersebut agar temuan dapat diselesaikan dan kedepannya tidak menjadi masalah.

Menutup arahannya, Yusuf meminta para Kasi untuk jeli dalam melihat kompetensi dan bakat siswa-siswi madrasah unggulan agar prestasi madrasah di Jawa Barat dapat terus ditingkatkan baik dikancah nasional dan internasional.

Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 79 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter