Jabar Usung Julang Ngapak Meriahkan Pawai Taaruf STQH Nasional

Jabar Usung Julang Ngapak Meriahkan Pawai Taaruf STQH Nasional

Sofifi (HUMAS Bidang Penaiszawa)

Perhelatan STQH Nasional ke 26 di Kota Sofifi Maluku Utara telah dimulai ditandai dengan pelaksanaan pawai taaruf. Masing-masing provinsi memperlihatkan ciri khas daerahnya dan Jawa Barat mengusung replika Rumah Panggung yang disebut Julang Ngapak.

Menurut Kasi Pengembangan Seni Budaya Islam, Musabaqoh Al Quran dan Alhadist, Efendi Rahmat, bahwa Julang Ngapak merupakan rumah tradisional Sunda. "Disebut Julang Ngapak karena atapnya yang berbentuk sayap burung yang sedang mengepak atau terbang," ujarnya, Jumat (15/10), di Tugu 99.

Kembali Ia menjelaskan bahwa rumah panggung ini juga dihiasi bunga-bunga yang mencerminkan Jawa Barat memiliki tanah yang subur dengan aneka ragam hasil buminya.

"Tidak hanya bunga, pada replika ini juga kita tampilkan mushaf sundawi yang menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat. Hal ini membuktikan bahwa Jawa Barat siap Juara Lahir Batin," ucap Efendi.

Kebanggaan atas tampilan Jawa Barat yang tidak biasa ini pun diutarakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, yang telah hadir di Kota Sofifi untuk memberikan semangat kepada kafilah dan menghadiri pembukaan STQH Nasional.

"Saya akan terus memberikan dukungan kepada 70 kafilah Jawa Barat agar tetap terus bersemangat mengantarkan Jawa Barat menjadi juara umum STQH Nasional ke 26," ucap Adib.

Ia pun optimis para Kafilah dapat tampil dengan maksimal dengan membuktikan Jawa Barat Juara Lahir Batin.

Pembukaan STQH Nasional di Kota Sofifi akan dibuka langsung oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, pada Hari Sabtu tanggal 16 Oktober 2021. Perhelatan syiar agama Islam ini pun dilaksanakan dari mulai tanggal 14 sampai dengan 23 Oktober 2021 di Kota Sofifi, Maluku Utara.

Kontributor: Novam Scorpiantrien

  



Dibaca: 49 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter