Hilal Tidak Tampak Di Cipatujah, Besok Masih Puasa?

Hilal Tidak Tampak Di Cipatujah, Besok Masih Puasa?

Cipatujah (INMAS Kab. Tasikmalaya)
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya bersama Badan Hisab dan Rukyat Daerah Kabupaten Tasikmalaya menggelar pemantauan hilal penentuan 1 Syawal 1442.H Tahun 2021.
Pemantauan dipimpin langsung Oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Usep Saepudin Muhtar, M.Pd. di Pantai Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Selasa (11/05/21).
Usep, memastikan pemantauan ini dilaksanakan memakai protokol kesehatan, selain seluruh petugas memakai masker dan menjaga jarak, kegiatan ini juga dibatasi
"Kami sudaj mempersiapkan pemantauan ini, akan tetapi dilaksanakan dengan terbatas dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat."Kata Usep
Sementara itu, Ketua BHRD Kabupaten Tasikmalaya KH. Ade Daruttahqiq, MM.,MH. mengungkapkan bahwa secara pergitunga bahwa tinggi hilal pada tanggal 11 Mei 2021 tidak tampak. Hilal akan terlihat pada 12 Mei pada sore atau menjelang magrib, sehingga dapat dipastikan 1 Syawal 1442 H atau Lebaran Idul Fitri akan jatuh pada 13 Mei 2021.
“Secara perhitungan tinggi hilal sore hari ini di seluruh Indonesia adalah minus (-)5,5° s.d. (-)4°06, maka pengamatan hilal tanggal 11 Mei tidak akan nampak hilalnya, sehingga tanggal 12 Mei masih bulan ramadhan,” ungkap
Ia pun memastikan bahwa hilal tidak terlihat pada sore atau menjelang magrib. Sehingga, pergantian menuju 1 Syawal 1442 H adalah setelah matahari tenggelam pada 12 Mei 2021. Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa Lebaran akan jatuh pada 13 Mei 2021.
“Setelah hasil pemantauan bahwa hilal tidak tampak pada sore hari ini, itu berarti besok hari masih bulan ramadhan dan masih melaksanakan puasa." paparnya.
Akan tetapi kata H. Ade bahwa untuk hasil penentuan 1 Syawal 1442H pihaknya ikut Pemerintah yang akan di sampaikan melalui konferensi pers Menteri Agama nanti pada pukul 19.15 WIB.
"Penentuan secara resmi kita ikuti pemerintah nanti hasil sidang isbat. Hasil pemantauan kami menjadi salah satu laporan pemantauan bahan sidang isbat di Kemenag pusat." Pungkasnya.

Kontributor: Fajri Adi Nugraha

Dibaca: 5 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter