Hikmah Dua Kisah Bekerja Jangan Asal Asalan

Hikmah Dua Kisah Bekerja Jangan Asal Asalan

Jl.K.H.Abdurrahman, Kabupaten Purwakarta

Ketika kita melakukan kebaikan, maka kebaikan itu akan kembali lagi kepada diri kita, demikian disampaikan oleh Penyelenggara Syari’ah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta H. Mamat Suhermat, S.Ag saat memberikan arahan pada apel senin, 22/2 di Halaman Kankemenag Kabupaten Purwakarta. 

Ada kisah jaman dahulu yakni, ada saudagar yang terkenal dengan kehidupannya yang kaya raya. Suatu ketika saudagar itu akan pergi merantau, dia memanggil 2 orang tukang untuk membangun 2 buah rumah. Lalu dikerjakannyalah pembangunan rumah itu oleh masing-masing tukang. 

Tukang pertama  mengerjakannya penuh dengan perhitungan sesuai dengan aturan pembangunan rumah. Hasilnya rumah yang dibangun sangat indah dan enak untuk dijadikan tempat tinggal. Sedangkan tukang kedua membangun rumah dengan asal-asalan. Dia berfikir saudagar kaya itu tidak tahu proses pembangunan rumah. 

Sekembalinya dari perantauan, sang saudagar kaya memanggil kedua tukang itu. Tak disangka tanpa sang saudagar  memberikan rumah itu kepada sang pembuatnya masing-masing. Tentu saja tukang pertama dangat senang menerima hafiah itu, sebab hasil karyanya menjadi miliknya. Sementara tukang kedua merasa sedih karena rumah yang didapatnya sangat jelek. Dia merasa menyesal dibelakang hari. Kalau saja dia membangun rumah sesuai aturan maka dia akan bahagia memiliki rumah tersebut.

Nah kisah ini bisa menjadi inspirasi kita selaku aparatur sipil Negara dan mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Hikmahnya adalah dalam bekerja ada atau tidak ada pimpinan maka kita tetap melaksanakan tugas kita sebaik mungkin. Tetap melaksanakan  tugas  dengan berpedoman pada nilai 5 budaya kerja yang ada di Kementerian Agama.

“Jangan sampai ketika ada pimpinan kita bekerja dengan baik, tetapi ketika pimpinan tidak berada ditempat kita bekerja asal asalan, jangan sampai kita merasa menyesal seperti apa yang dirasakan oleh tukang yang membangun rumahnya dengan  asal-asalan, ujarnya.

Kontributor: Asep nugraha Sunandar


Dibaca: 48 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter