Haji 2020 Batal, Kemenag Kota Cirebon Rancang Skema Sosialisasi

Haji 2020 Batal, Kemenag Kota Cirebon Rancang Skema Sosialisasi


Jl. Terusan Pemuda (By-pass) (INMAS Kota Cirebon)
Penyelenggaraan haji tahun 2020 M/1441 H resmi dibatalkan terhitung diterbitkannya Keputusan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020. Menindaklanjuti hal tersebut, Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon mengadakan rapat koordinasi sekaligus sosialisasi perihal pembatalan.
Sosialisasi dilaksanakan di aula kantor (4/6) dihadiri oleh sejumlah stakeholder yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji di tingkat Kota Cirebon, seperti Pemerintah Daerah Kota Cirebon, Satpol PP, Kepolisian, Korem 063/SGJ, Dinkes Kota Cirebon, MUI Kota Cirebon, KBIHU, dan lainnya.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Drs. H. Moh. Mulyadi, M.M.Pd. menyebut bahwa ini keputusan berat, namun tak terhindarkan, mengingat situasi dunia masih dilanda pandemi Covid-19, termasuk Indonesia dan Arab Saudi.
Dengan mempertimbangkan prinsip kehati-hatian, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini ditunda hingga tahun depan. Kendati demikian, Moh. Mulyadi memastikan jemaah haji akan mendapatkan informasi yang jelas terkait BPIH dan hal-hal lainnya.
"Kita berencana melaksanakan sosialisasi. Pertama kita laksanakan secara global dulu tingkat kota, selanjutnya bertahap kepada KBIHU, jemaah haji, dan pihak terkait lainnya," ujarnya.
Hal senada disampaikan oleh Asisten Daerah Kota Cirebon, Drs. Sutisna, M.Si. Dirinya menyebutkan bahwa Pemerintah Kota Cirebon akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait guna menyampaikan informasi yang benar kepada calon haji yang gagal berangkat tahun ini. Sementra itu Ketua MUI Kota Cirebon, KH. Solihin Uzer mendukung penuh langkah Kankemenag Kota Cirebon.
"Allah mencintai hamba-Nya apabila melakukan pekerjaannya dengan hati-hati dan teliti. Dalam penyelenggaraan ibadah haji pun seperti itu, apalagi saat ini sedang masa pandemi," ucapnya. Mantan Ketua FKUB Kota Cirebon itu pun mendukung sosialisasi dilaksanakan sampai ke tingkat jemaah haji untuk menghindari terjadinya penyebaran informasi yang salah dan simpang siur.
Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, H. Jajang Badruzaman menyebutkan ada 328 jemaah haji Kota Cirebon yang tahun ini batal berangkat. Semoga pandemi segera berlalu, dan para tamu Allah dapat segera mengunjungi Baitullah tahun depan.

Kontributor : Haji Arif Arofah
Editor : Nunik

Dibaca: 28 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter