Guru MTsN Model Babakansirna Ikuti Sosialisasi PKG

Guru MTsN Model Babakansirna Ikuti Sosialisasi PKG

Leuwisadeng-Kab. Bogor

 

 Menjadi seorang guru saat ini tidaklah mudah selain harus bisa menjadikan peserta didiknya berkualitas ternyata kualitas diri si guru pun harus mumpuni. Pasalnya, jika si guru tidak mampu meningkatkan kompetensinya maka yang bersangkutan akan memiliki nilai minus alias harus kembali dididik alias disekolahkan lagi. Begitulah penegasan Kepala Kementerian Agama Kab Bogor Dr. H. Suhendra, MM dalam kegiatan Sosialisasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pegawai pada MTsN Model Babakansirna Leuwisadeng, Senin-selasa (6-7/14).

 

 

Lebih jauh dia menjelaskan, seorang guru saat ini dituntut memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi Pedagogik, Komptensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. “Saya kira keempat kompetensi ini harus dimiliki karena saling berkaitan satu sama lainnya, jika satu saja terputus atau tidak terpenuhi jelas akan ada hasil yang kurang bagus dalam proses mendidik nantinya,”tegasnya.

 

Untuk itu, kegiatan PKG ini sangat penting karena setiap guru harus mampu memahami konsep penilaian akan kinerjanya jika tidak tentunya yang bersangkutan akan stagnan alias tidak mampu naik golongan atau jabatan. “Kan kasian yang seharusnya bisa meningkat kalau PKG nya mereka sendiri tidak paham, jadi guru madrasah harus pahami PKG,”ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala MTsN Model Babakansirna Leuwisadeng H. M. Bunyamin, M.Ag menjelaskan, kegiatan ini merupakan amanah dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 dimana setiap guru kini proses penilainnya tidak lagi berdasar DP3 namun dengan PKG. “Dan proses penilainnya kini cukup panjang dan berjenjang, kita berharap dengan sosialisasi ini mereka nantinya para guru paham apa saja yang harus mereka persiapkan,”kata Bunyamin.

 

 

Menurut dia, penting artinya jika setiap guru memahami proses PKG sehingga nantinya mereka juga tidak berdiam diri dan tidak menyalahkan atasanya karena dinilai kurang sosialisasi. “Kalau semuanya sudah disosialisasikan dan nanti ada yang lambat merespos PKG nya, ya kita sudah berusaha menyampaikannya,”pungkasnya.

Kontributor : Ade Irawan 


Dibaca: 123 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter