Guru MAN 4 Karawang Ikuti Kegiatan Madrasah Inklusi

Guru MAN 4 Karawang Ikuti Kegiatan Madrasah Inklusi

Kutawaluya (INMAS Kab. Karawang)

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah mereka yang memerlukan pendidikan khusus dan pelayanan terkait, agar mereka menyadari penuh potensi kemanusiaan mereka. Para ahli mengemukakan bahwa anak yang tergolong luar biasa atau memiliki kebutuhan khusus adalah anak yang secara signifikan berbeda dalam beberapa dimensi yang penting dari fungsi kemanusiaannya. Kegiatan peningkatan kompetensi guru madrasah inklusi bertujuan untuk menyapa anak didik berkebutuhan khusus dan mewujudkan "sekolah untuk semua" (Shool for All).

“Allah SWT berfirman dalam surat Abasa bahwasannya kita tidak boleh mengenyampingkan orang berkebutuhan khusus. Madrasah Inklusi menyapa semua anak didik kita termasuk yang berkebutuhan khusus, sehingga kita bisa mewujudkan madrasah untuk semua, school for all," ungkap Dr. Muhammad Zain, M.Ag sebagai Direktur GTK Madrasah dalam Sesi Pembukaan dan pengarahan.

Kegiatan madrasah inklusi ini menjadikan pendidikan merata untuk semua siswa, termasuk anak berkebutuhan khusus. Kegiatan ini diadakan oleh Direktorat guru dan tenaga kependidikan madrasah, dilaksanakan pada Kamis - Sabtu tanggal 29 April s.d 01 Mei 2021. Kegiatan peningkatan kompetensi guru madrasah inklusi ini dilaksanakan di The Mirah Hotel Bogor.

Banyak sekali materi pembelajaran yang diberikan seperti materi implementasi PMA 90 tahun 2013 tentang penyelenggaraan pendidikan madrasah, manajemen pendidikan inklusi madrasah, Best practice peningkatan kemampuan kompetensi guru pembimbing khusus (GPK), serta rencana tindak lanjut.

MAN 4 Karawang sangat mendukung kegiatan madrasah inklusi ini, salah satu guru MAN 4 Karawang ikut berkontribusi dalam kegiatan madrasah inklusi ini karena kegiatan ini merupakan suatu kegiatan positif dan bermanfaat hingga dapat meningkatkan proses belajar mengajar yang baik pada siswa berkebutuhan khusus yang berada di madrasah.

Alhamdulillah dengan mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi Guru Madrasah Inklusi, saya bisa memahami bahwa anak berkebutuhan khusus adalah bagian dari dunia pendidikan kita. Tidak ada lagi penyekatan didalamnya. Semuanya saling menghormati, menghargai, dan tolong menolong," tutur Abdul Aziz salah satu peserta sekaligus perwakilan Guru dari MAN 4 Karawang. 

“Harapannya semoga Madrasah Inklusi terus berprogres, sehingga madrasah untuk semua yang dicita-citakan bisa terwujud, Aamiin,” kata Abdul Aziz menambahkan.

 

Kontributor : Denden/Muhamim Sarifulloh

Editor : Nunik


Dibaca: 57 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter