Guru Madrasah Diajari Hukum dan Kebijakan Publik

Guru Madrasah Diajari Hukum dan Kebijakan Publik

**Ketua Komisi A Beri Wejangan Soal Hukum Bagi Guru Yayasan Al Asiyah

 

Cibinong-Kab. Bogor

Ada yang berbeda di halaman Yayasan Al Asiyah dari biasanya. Selasa (07/14), puluhan guru dari MTs, SMA dan SMK TI Al Asiyah sudah berkumpul sejak pagi hari untuk mendengarkan ceramah mengenai hukum dan kebijakan publik dari wakil rakyat yang kali ini dihadiri langsung oleh Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bogor Ade Munawaroh serta Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kab Bogor Mustakim. Kegiatan ini cukup disambut antusias karena para guru bisa berdiskusi langsung berbagai persoalan pendidikan di Bumi Tegar Beriman.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bogor Hj. Ade Munawaroh, SH mengatakan, masyarakat harus memahami berbagai persoalan seputar hukum dan kebijakan publik yang diambil pemerintah sehingga ketika ada satu kebijakan rangkaiannya mereka mengetahui. “Jadi, mereka tidak hanya menerima hasilnya saja tapi harus tahu alurnya contohnya saja dalam hal kesehatan dengan adanya program Kartu Jampesehat, termasuk dalam program pendidikan itupun demikian,”kata Ade.

Mengenai persoalan pendidikan, sambung dia, memang saat ini Pemkab Bogor telah mengalokasikan sekitar 20 persen lebih untuk sektor pendidikan dan anggaran ini termasuk yang paling besar diantara Kota/Kab Bogor di Jawa Barat, bukan itu saja diirnya juga berjanji akan mengawal kebijakan mengenai tunjangan fungsional bagi guru-guru honorer yang belum memperoleh program sertifikasi. “Kalau daerah lain untuk 20 persen saja sangat kesulitan, kalau soal tunjangan fungsional kita terus berusaha,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala MTs Al Asiyah Achmad Aliyudin mengatakan, kehadiran wakil rakyat di lembaga yang dipimpinnya merupakan sebuah motivasi dan pembelajaran mengenai hukum dan kebijakan publik. “Guru juga harus melek hukum dan kebijakan publik, karena kita juga bagian dari masyarakat,”kata Aliyudin.

 

Jika selama ini para guru hanya mengetahui persoalan dimedia massa, maka dengan adanya narasumber secara langsung mereka bisa bertanya seputar dunia pendidikan yang kerap muncul mulai dari penyusunan anggaran pendidikan serta masalah lainnya. “Intinya saling bertukar informasi dan mengembangkan pembelajaran langsung,”tandasnya.

Kontributor Ade Irawan


Dibaca: 130 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter