Gladi Bersih Asesmen Nasional MTsN 2 Karawang dilaksanakan Dengan Protokol Kesehatan

Gladi Bersih Asesmen Nasional MTsN 2 Karawang dilaksanakan Dengan Protokol Kesehatan

Jatisari (INMAS Kab. Karawang )
Pelaksanaan Gladi Bersih Asesmen Nasional (AN) yang menyasar peserta didik kelas VIII MTsN 2 Karawang secara acak dilaksanakan hari Senin (13/09/2021.) Dulu bernama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan sekarang mengalami perubahan
nomenklatur menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) atau biasa disebut Asesmen Nasional (AN) mengalami perubahan di sistem evaluasi pembelajaran. ANBK adalah program penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah berdasarkan arahan BNSP "Badan Nasional Standarisasi Pendidikan.
AN resmi menjadi pengganti UN yang telah diluncurkan pada tahun 2019 sebagai satu produk dari Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi (Mendikbuddikti) Nadiem Makarim.

Secara umum, AN adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan sederajat. Berbeda dengan UN yang dilaksanakan pada akhir tahun ajaran, AN dilaksanakan di kelas V SD/MI, kelas VIII SMP/MTs, dan kelas XI SMA/SMK/MA.

AN tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. AN dirancang tidak hanya sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.

Ihsan Gunardi sebagai proktor kegiatan ini berharap gladi bersih ini berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Demikian pula harapan Kepala Madrasah, H. Suparwoto yang turut serta memantau kegiatan ini, "Semoga Asesmen Nasional ini dapat berjalan lancar dan dapat mengevaluasi capaian secara keseluruhan," ujarnya.

"Tetap semangat anak-anakku. Kalian pasti bisa," pungkas Kepala Madrasah dalam sambutannya.

Kontributor : Denden / Suparwoto


Dibaca: 13 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter