Gema Ramadhan/SANLAT MA Serba Bakti Suryalaya 2021 M/1442 H

Gema Ramadhan/SANLAT MA Serba Bakti Suryalaya 2021 M/1442 H

Tasikmalaya (Inmas Kab. Tasikmalaya)

MAS Serba Bakti Suryalaya di bulan suci Ramadhan 1442H / 2021 M kali ini kembali mengelar Gema Ramadhan/ SANLAT tatap muka dan virtual lewat streaming youtube MASSAKTI dengan operator kak Ali Ibrahim. kegiatan ini merupakan tindak lanjut surat edaran menteri agama Nomor SE.03 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri, SK Dirjen Pendis Nomor 2491 tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Madrasah tahun 2020/2021 dan Surat Edaran Kanwil Jabar Nomor 2805/Kw.10/II/PP.00/04/2021 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Madrasah di Bulan Ramadhan 1442H/2021 M bagian dari program kerja madrasah tahun pelajaran 2020/2021 dalam mewujudkan visi dan misi Madrasah khususnya di bidang keagamaan.

Terkait kegiatan Gema Ramadhan tersebut Kepala MAS Serba Bakti Suryalaya, Riad Jamil, S.Pd.I., MM. mengatakan "Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan/Gema Ramadhan bertujuan untuk membentuk karakter dan sebagai ciri khas MA Serba Bakti Suryalaya yang notabene khas keagamaan". Selain siswa-siswi MA Serba Bakti Suryalaya kegiatan ini juga bisa diikuti oleh siswa siswi SLTP dan masyarakat umum di daerah sekitar, dengan bertujuan memberikan manfaat kepada masyarakat dalam pembelajaran ilmu keagamaan. Selanjutnya Ia mengatakan bahwa Gema Ramadhan setiap tahun harus dilaksanakan dengan lebih meriah dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik MA Serba Bakti Suryalaya.

Kegiatan Pesantren Kilat/ Gema Ramadhan itu sendiri dilaksanakan selama 2 minggu dari hari Senin tanggal 19 April 2021 sampai 30 April 2021 yang bertempat di kampus MA Serba bakti Suryalaya, dan yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan sertifikat dari sekolah.

Materi yang diberikan selama pesantren kilat berlangsung adalah kajian-kajian fiqih/ tata cara ibadah, kajian- kajian ushul fiqih, Tarikh Tasyri, Tilawatil Qur' an, Tasawuf ilmi dan amali. Pemateri dalam kegiatan ini guru-guru yang berkompeten dalam bidang keagamaan yakni Ust. Maman Suparman, S.Ag., Ust. Arif Husen, S.Ag., Ust. Abdul Majid, S.Pd.I., M.Sc., Ust. Ahid Gunawan, S.Pd., M.Ag., Ibu Usth Setiawati, S.Pd.I., Ibu Usth Widya Helda, S.Pd.I, Ibu Usth Irfa Khosyati, S.Pd.

Sebelum materi disampaikan siswa siswi melakukan shalat sunat dhuha dipandu oleh pemateri pertama. Menurut Denok Novitasari, S.Si (Waka Kurikulum) Gema Ramadhan diharapkan walaupun hanya sebentar, bisa menjadi wasilah pembentukan karakter dan bisa menjadi daya tarik kepada masyarakat untuk mensekolahkan putra putrinya di Madrasah Aliyah Serba Bakti Suryalaya.

Mudah mudahan kegiatan ini bisa berjalan lancar dan menjadi wasilah peserta didik MA Serba Bakti Suryalaya, mempunyai karakter yang kuat dengan berakhlak sufi, berilmu se beriptek. Terima kasih kepada Waka Kesiswaan Bapak Hasan, SE., yang terus memberikan motivasi kepada peserta didik MA Serba Bakti Suryalaya.


Editor : Nunik


Dibaca: 147 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter