FKUB Kab. Cirebon Gelar Seminar dan Kemah

FKUB Kab. Cirebon Gelar Seminar dan Kemah

Kab. Cirebon

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUBKabupaten Cirebon menyelenggarakan kegiatan unggulan tahunan yakni Seminar dan Sosialisasi PBM Nomor 9/8 tahun 2006 dan Kemah Persaudaraan Umat Beragama dalam rangka menyambut HAB Kementerian Agama RI ke 70.
Ketua FKUB Drs. KH. Usamah Manshur didampingi Sekretarisnya Mursana, M.Ag menjelaskan bahwa pada tahun 2015 ini FKUB menyelenggarakan kegiatan Seminar dan Sosialisasi PBM Nomor 9/8 tahun 2006 di empat tempat yaitu Wilayah Cirebon Timur di Aula Pondok Pesantren An Nasuha Kalimukti Pabedilan pada hari Sabtu 5 Desember 2015 diikuti 100 peserta dari santri dan masyarakat, Wilayah Barat di Aula Kampus STAIMA Ciwaringin pada hari Sabtu 12 Desember 2015 diikuti 150 peserta dari mahasiswa calon wisudawan, Wilayah Tengah di Desa Setu Patok Mundu pada hari Jum’at 18 Desember 2015 diikuti 50 peserta dari mahasiswa lintas agama, dan terakhir di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon pada hari Senin 28 Desember 2015 diikuti 50 peserta dari pejabat dilingkungan Kemenag Kabupaten Cirebon, para Penyuluh Agama Fungsional Kecamatan se Kabupaten Cirebon, perwakilan dari semua Tokoh Agama, perwakilan dari Pemerintah Daerah, Perwakilan dari Polres, dan Perwakilan dari Kodim 0620 Sumber.

Kegiatan Seminar dan Sosialisasi PBM Nomor 9/8 tahun 2006 yang berthemakan “Ekspresi Keberagamaan untuk membangun cinta kasih kepada sesama umat manusia” ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat agar; 1) mengetahui esensi PBM Nomor 9/8 tahun 2006 , 2) mengetahui dan memahami bahwa kebhinekaan adalah anugerah nikmat dari Allah yang tidak bisa dihalangi eksistensinya, 3) saling menghargai dan menghormati perbedaan, dan 4) terpeliharanya cinta kasih kepada sesama umat manusia.

Sebagai narasumber dari kegiatan tersebut adalah Drs.H. Abudin, M.Ag (Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon), Drs. KH. Usamah Manshur (Ketua FKUB
Kabupaten Cirebon),  DR. KH. Mukhlisin Muzarie, M.Ag (Akademisi IAIN SNJ), Pdt. Steve Mardianto, M.Th (Ketua Badan Kerjasama Gereja-gereja), Pstr. Yohanes Muryadi (Pengembala Gereja Katolik), Suryapranata (Pembina Umat Budha, dan I Nyoman Resep (Pembina Umat Hindu). Acara ini dimoderatori langsung oleh Mursana, M.Ag (Sekretaris FKUB). 

Sedangkan Kegiatan Kemah Persaudaraan Umat Beragama bertujuan untuk 1) Saling membangun komunikasi antar umat beragama, 2) saling memahami hakekat perbedaan 3) terbangunnya cinta kasih kepada sesama. Dari semua tujuan tersebut diharapkan kehidupan masyarakat Kabupaten Cirebon senantiasa tetap aman, damai, dan kondusif sepanjang masa. Semoga.

 

Kontributor Heriyanto 


Dibaca: 140 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter