Evaluasi Pelayanan Sertifikasi Halal, Kemenag Jabar Adakan Pertemuan dengan MUI dan LPPOM

Evaluasi Pelayanan Sertifikasi Halal, Kemenag Jabar Adakan Pertemuan dengan MUI dan LPPOM

Jl. Jend. Sudirman (INMAS Bidang Urais dan Binsyar)

Mengawali tahun 2021, Bidang Urais dan Binsyar Kemenag Jawa Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelayanan Sertifikasi Halal, Rabu (13/1), di Ruang Rapat Kanwil Kemenag Barat. Rapat ini juga merupakan pertemuan Kanwil Kemenag Jabar dengan Ketua MUI Jawa Barat, Ketua  Komisi Fatwa MUI Jawa Barat, Koordinator Auditor LPPOM MUI Jawa Barat.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Urais dan Binsyar, Ahmad Patoni, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, ikut memantau jalannya rapat melalui daring. 

Pada pemaparannya, Patoni, menuturkan bahwa rapat ini diselenggarakan dengan tujuan untuk melakukan koordinasi dan evaluasi terhadap peningkatan pelayanan sertifikasi halal. "Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk mengeluarkan sertifikasi halal ada beberapa lembaga yang terkait pada pelaksanaannya yaitu Kanwil Kemenag Jawa Barat, MUI, dan LPPOM," tuturnya.

Maka dari itu, lanjutnya, koordinasi ini dilakukan untuk penyeragaman pelayanan sertifikasi halal sehingga dapat saling bekerja sama untuk memberikan pelayanan yang tepat kepada pelaku usaha.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, bahwa memberikan pelayanan sertifikasi halal yang prima memang membutuhkan komitmen yang kuat diantara pihak-pihak yang terkait.

Ia beralasan bahwa laporan produk asal Jawa Barat yang sudah memiliki sertifikasi halal belum menggembirakan, sedangkan produsen makanan dan minuman asal Jawa Barat sangat banyak dan sudah terkenal.

"Saya berharap dengan adanya pertemuan ini tidak hanya mengevaluasi tetapi kita bisa duduk bersama untuk mencarikan solusi terhadap kebuntuan-buntuan permasalahan yang terjadi pada proses sertifikasi halal," ungkapnya.

Adib menilai bahwa semua pihak yang terkait dengan sertifikasi halal ini terutama MUI sebagai mitra Kementerian Agama yang sangat penting untuk proaktif bersama-sama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya punya mimpi yaitu seluruh produk-produk Jawa Barat sudah memiliki sertifikasi halal sehingga keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat pun terjamin. Selain itu juga dapat meningkatkan nilai penjualan produk asal Jawa Barat," tuturnya.

Nilai penjualan yang meningkat, tambahnya, tentunya akan mendukung meningkatnya perekonomian masyarakat Jawa Barat karena jumlah UMKM di Jawa Barat merupakan yang paling banyak di Indonesia.

"Semoga jalinan kerja sama yang erat ini akan dapat terus bersinergi dan berkolaborasi dalam memberikan pelayanan sertifikasi halal yang prima dan cepat," harapnya.

Kontributor: Novam Scorpiantrien 


Dibaca: 37 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter