Dukung Kemenag Majalengka Menjadi Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi

Dukung Kemenag Majalengka Menjadi Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi

Jl. Siti Armilah-Majalengka

Kementerian Agama Kabupaten Majalengka tahun 2016 di tunjuk menjadi salah satu wilayah pilot project implementasi Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi. Hal ini berdasarkan informasi hasil Rapat Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Majalengka, Dr. H. Cece Hidayat, M.Si di Kanwil Kemenag Prov. Jabar pada tanggal 15 Februari 2016.

Menurut Kepala Kantor, tahun ini ada lima Kementerian Agama Kab./Kota di Jawa Barat termasuk Majalengka yang ditunjuk menjadi Kemenag Zona Integritas dan WBK. Hal ini harus mendapatkan dukungan bersama agar Kemenag Kab. Majalengka benar-benar menjadi Kemenag yang berintegritas dan bersih dari praktek praktek korupsi.   

Implementasi ZI dan WBK ini pada dasarnya sudah tertuang dalam Intruksi Menteri Agama Nomor 1 tahun 2012 tentang  Pelaksanaan Pembangunan  Zona Ingertitas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi yang Bersih dan Melayani di Kementerian Agama.

Terbitnya Instruksi Menteri Agama tersebut merupakan lanjutan dari Insruksi Presiden Nomor 5 tahun 2004 tentang Percepatan pemberangtasan Korupsi dan Instruksi Menpan RB Nomor 60 tahun 2012  Pelaksanaan Pembangunan  Zona Ingertitas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi dan Birokrasi Melayani  di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

M. Jasin di Halaman Portal www.kemenagri.go.id, telah menegaskan bahwa mulai tahun 2015, satuan kerja (satker) Kementerian Agama, pusat maupun daerah, secara bertahap akan segera melaksanakan secara konsisten lima nilai budaya kerja, program Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi yang Bersih dan Melayani (WBBM).

Mengenai implementasi komitmen tersebut, menurut Jasin bahwa itu harus diwujudkan dengan melaksanakan secara riil 20 item zona integritas (ZI). Selain itu, setiap satker juga harus siap untuk dievalusi dalam setiap semester terkait pelaksanaan 20 item ZI tersebut. Nah, Program ini kita akan dukung mulai dari proses pembangunan zona integritas dilaksanakan melalui penerapan program pencegahan korupsi yang terdiri atas 20 kegiatan yang bersifat konkrit yang akan diukur melalui indikator proses.

 

Kontributor: Taupik Hidayat

 

 


Dibaca: 72 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter