Dua Wakamad MAN 1 Karawang Ikuti Sosialisasi KSMO

Dua Wakamad MAN 1 Karawang Ikuti Sosialisasi KSMO

Cilamaya Wetan (INMAS Kab. Karawang)

Dua Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) MAN 1 Karawang, yaitu Wakamad Kurikulum, Dani Hamdani, dan Wakamad Kesiswaan, Fuad Hasyim, mengikuti sosialisasi Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) dengan menggunakan aplikasi Cisco Webex, Jum’at, (11/09). 

Acara ini diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi Jawa Barat yang didukung penuh oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah dan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah.

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut, yaitu Direktur KSKK Madrasah, Ahmad Umar, dan Kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK, Nanik Pujihastuti. Peserta yang mayoritasnya dari kalangan guru madrasah begitu antusias mengikuti sosialisasi KSMO dari awal sampai akhir. Menurut rilis panitia, tercatat ada 8.239 partisipan dalam kegiatan itu.

KSMO ini menjadi tonggak sejarah dalam ajang kompetisi bergengsi siswa madrasah tersebut, mengingat untuk pertama kalinya KSM dilaksanakan secara online, sehubungan adanya pandemi covid-19 yang belum mereda di Indonesia.

Dalam paparannya, Umar menyampaikan bahwa salah satu tujuan KSMO ini adalah membahagiakan peserta didik, jadi jangan sampai peserta terbebani, serta memberikan bekal, kejujuran, tangguh, objektif, pantang mengeluh dalam jiwa peserta. Direktur KSKK Madrasah sudah menyiapkan hadiah istimewa bagi para juara KSMO 2020.

“Juara utama KSMO tingkat MA nanti bisa memilih kampus PTKIN semua jurusan, kecuali kedokteran. Juga akan ada dan sedang dibahas penghargaan lainnya, tidak hanya bagi juara utama 1, 2, dan 3,” jelas Umar.

“Juara tingkat MI, bebas memilih masuk ke MTs di Indonesia, tanpa tes. Demikian juga juara MTs, bisa masuk ke MA pilihannya,” sambung Umar.

Saat sesi tanya jawab, salah satu peserta bertanya, “apakah nilai langsung muncul setelah tes selesai?”. Lalu pertanyaan ini dijawab oleh Kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah. “Tidak, karena penilaian tidak hanya murni hasil CBT, namun juga aspek integritas.” tegas Nanik.


Kontributor : Denden/Sutarna

Editor : Nunik


Dibaca: 16 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter