Dua Bulan Digulirkan, 814 Ribu Santri Jabar Telah Divaksin

Dua Bulan Digulirkan, 814 Ribu Santri Jabar Telah Divaksin

Pekalipan – Kota Cirebon (Humas – Bidang PD Pontren)

Sejak digulirkan dua bulan tujuh belas hari Program Tiga Santri Santri Siap Divaksin, sebanyak 814 ribu orang santri di Jawa Barat telah divaksin. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, H. Abdurrohim, saat kegiatan vaksinasi dan bakti sosial yang digelar oleh Kodam III/Siliwangi di lingkungan Ponpes Jagasatru, Pekalipan, Kota Cirebon, Selasa (28/09).

Kanwil Kemenag Jabar, tambahnya, menargetkan satu juta orang santri divaksin pada akhir bulan September. Hingga akhir tahun ini ditargetkan sebanyak 5 juta santri sudah divaksin.

Abdurrohim mengungkapkan bahwa Jawa Barat memiliki 15.362 ponpes. Target Tiga Juta Santri Siap Divaksin merupakan upaya untuk membantu Pemerintah Daerah dalam percepatan penanganan Covid19. Adapun targetnya adalah santri, kiai, para ustadz, dan segenap civitas pondok pesantren.

Kemenag punya program, namun tidak memiliki vaksin dan tidak memiliki otoritas untuk vaksin. Oleh karenanya, menurut Abdurrohim, kerjasama terus dijalin untuk mensuksekan percepatan penanganan Covid19 dengan berbagai pihak seperti Kodam, Polda dan Dinas Kesehatan.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) III/Siliwangi Brigjen TNI Darmono Susastro menungkapkan bahwa Kodam memiliki tugas untuk membantu pemerintah dalam perceptan penanganan Covid19 dan percepatan pertumbuhan ekonomi.

Vaksinasi ini, tuturnya, merupakan program percepatan penanganan Covid19. Akhir tahun 2021 Kodam menargetkan vaksinasi untuk semua yang berhak divaksin seluruhnya selesai. Setiap harinya Kodam memiliki jatah vaksin untuk 250 ribu orang.

Ponpes Jagasatru merupakan Ponpes tertua yang ada di Kota Cirebon. Pimpinan Ponpes, Habib Hasanain Bin Yahya sangat berbahagia dengan pelaksanaan kegiatan ini.

“Yang punya vaksin bapak TNI, yang punya program Kandepag (Kankemenag), yang punya santri saya” Ujar Habib.

Dengan adanya program ini menurut Habib kita semua dapat bersilahturahmi untuk mensukseskan Indonesia Sehat.

Kontributor : Tri Budiono

 


Dibaca: 21 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter