Ditjen PHU Kemenag RI Awasi Pelaksanaan Seleksi Haji di Kota Bekasi

Ditjen PHU Kemenag RI Awasi Pelaksanaan Seleksi Haji di Kota Bekasi

 

Jl. Kemakmuran, Kota Bekasi (Inmas Kota Bekasi)

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia (Ditjen PHU Kemenag RI) mengawasi pelaksanaan tes kompetensi calon petugas haji di Kankemenag Kota Bekasi, Rabu 27/4 di Aaula Muzdalifah Embarkasi Haji Bekasi.

Sebanyak 3 orang petugas, yakni Khoirizi HD, Kasubdit pembinaan haji pada subdit pembinaan petugas haji, Muhammad Agus Syafii Kasi Rekrutmen Petugas haji pada subdit pembinaan petugas haji dan Destriono sebagai pelaksana. Ketiganya ditugaskan mengawasi jalannya tes kompetensi calon petugas haji tingkat Kota Bekasi.

Dalam arahannya, Khoirizi mengatakan hingga kini jumlah peminat calon petugas haji sangat signifikan padahal tugasnya termasuk tugas yang sulit dan kompleks. Kenapa kompleks? Sampai hari ini kita tidak tahu berapa biaya keberangkatan haji, selain itu banyak lagi permasalahan lainnya yang ditemui petugas selama menjalankan pemberangkatan jamaah haji.

Meski demikian, lanjutnya, peminatnya cukup signifikan. Karena itulah Kemenag RI harus melakukan seleksi calon petugas haji secara transparan, akuntabel dan berkeadilan.

“Ketiga rumus ini harus direalisasikan, agar tidak mencuat nuansa pilih kasih,” tambahnya. 

Dengan rumus transparan, jelas ini memberikan arti bahwa pelaksanaan test ini boleh diikuti oleh siapa saja sesuai dengan persyaratannya. Akuntabel artinya bisa dipertanggungjawabkan.

“ Tahun ini kita coba pertanyaannya pilihan ganda, kenapa karena jenis soal ini bisa dipertanggungjawabkan.Kalau jawabannya a ya a tidak bisa dirubah oleh panitia,” Ungkapnya.

Sedangkan berkeadilan, mengandung arti,  siapapun boleh ikut.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Bekasi, maman Sulaiman mengatakan sejauh ini proses seleksi petugas haji sudah dilakukan sebaik mungkin. Transparan, akuntabel dan berkeadilan. Khusus tahun ini, jika dilihat dari soal soal tertulis, serta wawancara sudah terlihat peningkatannya.

“dari soal saja sudah terlihat mewakili kompetensi petugas haji, ada bahasa arab, inggris dan lainnya lengkap lah, Ucap Maman.

Kontributor: Evi Agustin

 


Dibaca: 70 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter