Diseminasi KMA No. 660, Kakankemenag Tegaskan Komitmen Peningkatan Layanan melalui PTSP dan Rencana Pembangunan PLHUT

Diseminasi KMA No. 660, Kakankemenag Tegaskan Komitmen Peningkatan Layanan melalui PTSP dan Rencana Pembangunan PLHUT

Pangandaran (INMAS Pangandaran) 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran H. Supriana menegaskan bahwa meski belum memiliki gedung kantor sendiri, Kemenag Pangandaran senantiasa berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada para calon jamaah haji. 


"Meski saat ini kami belum memiliki gedung sendiri, namun kami telah menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)," ujar H. Supriana di hadapan peserta Kegiatan Diseminasi Pembatalan Pemberangkatan Jamaah Haji Tahun 2021, Rabu (13/10). 


Ia mengatakan bahwa melalui PTSP, diharapkan pelayanan calon jamaah haji dapat semakin baik sehingga tercapai kepuasan pelanggan (customer satisfaction).


"Saya juga mohon doa dari Bapak Ibu semua, insyaAllah tahun depan akan mulai dibangun gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di  Kab Pangandaran," tuturnya. 


Ia berharap dengan dibangunnya PLHUT yang berlokasi di desa Ciliang kecamatan Parigi ini akan semakin meningkatkan pelayanan Kemenag Kab Pangandaran kepada masyarakat khususnya para calon jamaah haji. 


Terkait dengan diseminasi pembatalan pemberangkatan haji tahun 2021, ia mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah membuat pemerintah mengeluarkan Keputusan Menteri Agama nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Pemberangkatan Jamaah Haji tahun 2021 untuk kemaslahatan umat. 


"KMA ini telah mencakup kondisi kekinian yang dihadapi oleh para calon jamaah haji Indonesia," tuturnya. 


Namun ia tidak menampik bahwa kesulitan ekonomi di masa pandemi membuat beberapa calon jamaah haji berniat untuk menarik kembali pelunasan BIPIH bahkan menarik setoran awal. Akan tetapi ia berharap agar para calon jamaah haji tidak membatalkan niatnya untuk berhaji. 


"Melalui diseminasi KMA no. 660 ini saya berharap para calon jamaah haji bisa memahami dan lebih istiqomah dalam menanti keberangkatan ibadah haji," imbuhnya. 


Ia berharap di tahun 2022 mendatang, para calon jamaah haji Indonesia sudah dapat diberangkatkan.


"Mengingat pemerintah tengah melaksanakan percepatan vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu ikhtiar lahir sehingga diharapkan pada tahun 2022 mendatang dapat terbentuk herd imunity," imbuhnya. 


Dalam kegiatan yang dihadiri oleh staf PHU, para kepala KUA, penyuluh, penghulu, ketua KBIHU dan tokoh masyarakat di wilayah Pangandaran, Ciamis dan Banjar,

Kepala Seksi Bimas Islam H. Ujang Sutaryat sebagai moderator mengajak peserta untuk bersama-sama menepis hoax yang bertebaran di masyarakat, baik hoax tentang vaksin, maupun hoax terkait ibadah haji. 


Didah


Dibaca: 8 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter