Di Hadapan Pini Sepuh, Kakanwil Ajak ASN Berkomitmen Bangun Kemenag

Di Hadapan Pini Sepuh, Kakanwil Ajak ASN Berkomitmen Bangun Kemenag

Jl. Peta - Bandung ( Inmas - Bagian Tata Usaha)

Pembinaan Aparatur Sipil Negara yang dirangkai dengan silahturahim Keluarga Besar Kemenag Prov. Jawa Barat, Selasa (28/07) di Hotel Grand Pasundan Bandung, berlangsung istimewa dengan kehadiran 5 mantan Kakanwil. Kehadiran lima mantan Kakanwil yang pernah menjabat pada periodenya ini diharapkan memberikan pencerahan untuk peningkatan kinerja bagi Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat. Kelima mantan Kakanwil tersebut, yaitu : K.H. Yusuf Sodik, K.H. Iik Makib, K.H. Muhaemin Luthfi, K.H. Saeroji, dan K.H. A. Buchori.

Di hadapan para pini sepuh itu, Kakanwil, Dr. H. Adib, menyampaikan bahwa nasihat dan pencerahan dari para pini sepuh yang hadir sangat dibutuhkan untuk membangun Kementerian Agama ke depan. Para pini sepuh telah memberikan jalan untuk membangun Kemenag di Jawa Barat. Sudah barang tentu telah banyak amal jariah yang diperbuat dan kebijakan-kebijakan mereka yang perlu diteruskan dan diperjuangkan.

Kakanwil, yang juga mantan Wakil Rektor IAIN Syeih Nurjati ini, memandang bahwa Jawa Barat memiliki keistimewaan dengan jumlah penduduk paling besar dan segenap potensi yang luar biasa baik keagamaan maupun pendidikan. Menurutnya potensi tersebut harus dikelola dengan serius dan intens, sebagaimana yang telah dilakukan para pendahulu.

“Harus memiliki komitmen-komitmen secara khusus agar dalam memberikan layanan keagamaan dan pendidikan semakin meningkat dan membawa Jawa Barat Juara Lahir dan Bathin.” Demikian tegasnya,

Saat ini, menurutnya, ada banyak tantangan yang sedang dihadapi Jawa Barat, yang berbeda dengan para pendahulu pada saat memimpin dulu. Tantangan globalisasi, di mana gelombang informasi sulit untuk bisa dibendung, untuk bisa menahan hoaks dan sebagainya. Jawa Barat, terlepas dari apapun, masih berada pada posisi rendah dalam kerukunan umat beragama. Hal ini adalah tantangan untuk dapat meningkatkan aspek kerukunan di Jawa Barat yang sudah menjadi isu nasional.

Tantangan lainnya adalah dalam hal tata kelola, yang menjadi tantangan tersendiri. Menurut Kakanwil, di sini kita perlu ekstra untuk sama-sama membangun komitmen dengan kebersamaan dan semangat saling membantu satu dengan yang lainnya, sehingga yang muda bisa meneruskan jejak para pendahulu untuk bisa meneruskan perjuangan membawa Jawa Barat Juara Lahir Bathin.

Kehadiran para pini sepuh ini sangat diharapkan nasihat-nasihatnya,  sehingga dengan nasihat itu kita dapat menghadapi tantangan dengan baik,  serta menjalankan amanah dengan sebaik-nya. Selain itu, saat ini Kemenag tengah menyusun rencana strategis tahun 2020-2024. Kakanwil mengharapkan masukan dari para pini sepuh, yang sangat penting untuk dicatat kemudian diformat menjadi program-progam Kementerian Agama selama 5 tahun ke depan.

Kontributor : Tri Budiono 


Dibaca: 57 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter